Nurhidayah, Afida Septi (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GENDER. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Afida Septi Nurhidayah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan memahami ide
atau gambaran dalam suatu objek matematika yang telah diketahui sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel
berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2
Dempet berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan nilai hasil PTS (Penilaian Tengah Semester),
tes tertulis kemampuan pemahaman konsep matematis, dan wawancara. Teknik
analisis data dilakukan melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data dilakukan dengan menggunakan
triangulasi metode yaitu dengan membandingkan hasil tes tertulis dengan hasil
wawancara. Dari hasil penelitian dengan menggunakan triangulasi metode
diperoleh hasil bahwa: (1) siswa laki-laki lebih mampu menguasai indikator
menerapkan konsep dalam pemecahan masalah dan menyajikan konsep dalam
bentuk representasi matematika, (2) siswa laki-laki dan siswa perempuan sama-
sama mampu menguasai indikator yang sama. Dari hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa siswa laki-laki lebih unggul dari siswa perempuan dalam
kemampuan pemahaman konsep matematis.
Kata kunci: pemahaman konsep matematis, kemampuan matematis, gender
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:04 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5441 |