ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SDN TENGKI 01 KABUPATEN BREBES

PRIANTO, PRISQI NUR ADI (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SDN TENGKI 01 KABUPATEN BREBES. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI PRISQI NUR ADI PRIANTO 17120304 ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIA.pdf] Text
SKRIPSI PRISQI NUR ADI PRIANTO 17120304 ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PRISQI NUR ADI PRIANTO. NPM 17120304. “Analisis Kesulita Belajar
Materi Operasi Hitung Pembagian Siswa Kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten
Brebes”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd dan Ikha
Listyarini, S.Pd., M.Hum. September. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ditemukan
kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pembagian pada pelajaran
matematatika kelas IV materi operasi hitung.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apa saja kesulitan belajar operasi
hitung pembagian siswa kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten Brebes dan faktor apa
saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar operasi hitung
pembagian siswa kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten Brebes. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan
belajar operasi hitung pembagian siswa kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten
Brebes.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan metode tes,
observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten Brebes.
Hasil Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten Brebes
yang berjumlah 30 siswa yang mengalami kesulitan adalah 19 siswa. Dalam
penelitian terdapat beberapa temuan yaitu: (1) kesulitan belajar operasi hitung
pembagian siswa kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten Brebes. (2) faktor yang
mempengaruhi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi
operasi hitung pembagian.
Saran yang disampaikan yaitu kepada guru untuk bisa lebih memahami
kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematika
materi operasi hitung pembagian. Saran kepada siswa yaitu lebih teliti dan
memahami dalam mengerjakan soal agar tidak keliru atau salah dalam mengerjakan
soal, dari kesalahan yang dialami siswa dapat menjadikan pelajaran agar lebih baik
dari sebelumnya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:56
Last Modified: 15 Oct 2024 03:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5433

Actions (login required)

View Item
View Item