PUTRA, ADITYA REIZA (2021) PENERAPAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PECAHAN KELAS V SDN 3 DERMOLO KEMBANG JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ADITYA REIZA PUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
ADITYA REIZA PUTRA. NPM 16120468. “Penerapan Video Interaktif
dengan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika Pecahan Kelas V SDN 3 Dermolo Kembang Jepara”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Sukamto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai siswa yang masih rendah dan
belum mencapai KKM. Hal itu disebabkan karena dalam pembelajaran guru
belum memahami model pembelajaran yang menarik dan menyenagkan sehingga
banyak siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan cenderung
tidak memperhatikan penjelasan dari guru. Oleh karena itu diperlukan penerapan
media interaktif dengan pendekatan matematika realistik untuk memberikan tugas
kepada siswa dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi siswa melalui
media video interaktif dengan pendekatan matematika realistik siswa akan lebih
memahami materi dan mengingatnya dalam jangka panjang.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan video interaktif
dengan pendekatan matematika realistik efektif terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika pecahan kelas V SDN 3 Dermolo Kembang Jepara?. Tujuan
yang sinkron dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan video
interaktif dengan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika pecahan kelas V SDN 3 Dermolo Kembang
Jepara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang peneliti
gunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-experimental bentuk One Group Pretest-
Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SDN 3 Dermolo Kembang
Jepara semester gasal tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang diambil dalam
penelitian ini adalah kelas V SDN 3 dermolo dengan jumlah siswa sebanyak 20
siswa dengan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling.
Dalam pengumpulan data peneliti memnggunakan beberapa teknik diantaranya
melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.
Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data siswa dalam penelitian ini
menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan posttest. Rata-
rata nilai pretest 62,12 dan rata-rata nilai posttest 84,22. Hal ini dibuktikan
memalui perhitungan uji t yang diperoleh ttabel (2.093) dan thitung (17.556). jadi
thitung > ttabel, dengan arti Ho ditolak dan Ha diterima, dan persentase siswa tuntas
mencapai 90%. Jadi kesimpulannya penerapan media video interaktif denga
pendekatan matematika realistik efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika pecahan kelas V SDN 3 Dermolo Kembang Jepara.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
media video interaktif dengan pendekatan matematika realistik dapat digunakan
sebagai salah satu alternatif guru dalam menyampaikan materi pecahan.
Kata kunci : Video Interaktif, Matematika Realistik, Pecahan Matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 03:38 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5420 |