PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 SISWA KELAS VII SMP PGRI 7 WANAREJA

Rifai, Fajar (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 SISWA KELAS VII SMP PGRI 7 WANAREJA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fajar Rifai.pdf] Text
Fajar Rifai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fajar Rifai. “Peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui
pendekatan teaching games for understanding pada pembelajaran kurikulum 2013
siswa kelas VII SMP PGRI 7 Wanareja”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu model pembelajaran yang
belum sesuai dengan karakteristik siswa SMP. Sedangkan pada siswa kelas VII
yang rata-rata transisi dari sekolah dasar ke sekolah menengah masih terbawa
lingkup bermain dan adanya kompetisi, observasi hasil belajar passing bawah bola
voli dari 27 siswa di kelas VII A hanya 10 siswa yang mampu melewati batas
kriteria ketuntasan minimal yaitu 72. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar dan efektifitas pembelajaran dengan
pendekatan teaching games for understanding pada materi passing bawah bola
voli.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis kuantitatif dengan menggunakan
pre-experimental design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI
7 Wanareja yang berjumlah 29 siswa. Teknik analisis data peneliti menggunakan
uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji n-gain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar bola
voli melalui pendekatan TGFU dilihat dari paired sampel T test nilai signifikansi
sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi (2-tailed)0,000< 0,05, maka terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan postest,
sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada peningkatan hasil belajar bola
voli melalui pendekatan TGFU pada pembelajaran kurikulum 2013 siswa kelas
VII SMP PGRI 7 Wanareja Kabupaten Cilacap.
N-gain skor untuk kategori posttest adalah sebesar 56.1096 atau 56.10%
termasuk dalam kategori cukup efektif dengan nilai minimal 28.57% dan
maksimal 72%. maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya model pembelajaran
teaching games for understanding cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar
bola voli siswa kelas VII SMP PGRI 7 Wanareja.
Simpulan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dan pendekatan
TGFU cukup efektif pada materi passing bawah bola voli. Saran, harapannya
pembelajaran penjasorkes pada siswa SMP lebih menarik dan siswa lebih aktif
sehingga siswa tidak mudah bosan dan mampu mengikuti pembelajaran dengan
baik.
Kata kunci : Hasil belajar, Passing bawah, TGFU

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:30
Last Modified: 15 Oct 2024 03:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5411

Actions (login required)

View Item
View Item