ANALISIS KESULITAN GURU SDN BAKARAN WETAN 03 DALAM PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH SEMESTER GANJIL TAHUN 2020 PADA MASA COVID-19

SCORLIASARI, ADINDA NOVIA (2021) ANALISIS KESULITAN GURU SDN BAKARAN WETAN 03 DALAM PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH SEMESTER GANJIL TAHUN 2020 PADA MASA COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ADINDA NOVIA.pdf] Text
ADINDA NOVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ADINDA NOVIA SCORLIASARI. NPM 16120018. “Analisis Kesulitan Guru
SDN Bakaran Wetan 03 dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Semester Ganjil
Tahun 2020 Pada Masa COVID-19”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang masalah yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan
yang dialami oleh guru SDN Bakaran Wetan dalam pelaksanaan belajar dari
rumah pada masa Covid-19. Hal tersebut disebabkan oleh penerapan penggunaan
metode pembelajaran daring dan luring yang baru digunakan saat pandemi terjadi
dalam proses pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah kesulitan guru
dalam pelaksanaan belajar dari rumah pada masa Covid-19 di SDN Bakaran
Wetan 03?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan belajar dari
rumah pada masa covid-19 di SDN Bakaran Wetan 03 kecamatan Juwana
kabupaten Pati.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif,
dengan menggunakan metode wawancara, pengisian angket, dan studi
dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SD Negeri Bakaran
Wetan 03 sejumlah 7 orang. Untuk objek penelitian adalah kesulitan yang dialami
guru-guru di SDN Bakaran Wetan 03 dalam melakukan pembelajaran dari rumah
pada masa Covid-19.
Hasil analisis wawancara dan angket menunjukkan bahwa proses
pembelajaran atau kinerja guru sudah berjalan maksimal. Akan tetapi kesulitan
yang dihadapi oleh guru terdapat pada pengunaan teknologi yang digunakan.
Penggunaan teknologi antara lain seperti aplikasi zoom. Dimana guru tidak
menguasai dalam menggunakan aplikasi tersebut, sehingga proses pembelajaran
kurang maksimal diterima siswa yang mengakibatkan penurunan hasil belajar.
Saran terkait dengan kesulitan yang dialami guru pada masa Covid-19
dalam pelaksanaan belajar dari rumah yaitu sekolah agar senantiasa
menyempurnakan kinerja guru dalam melaksanakan belajar dari rumah dengan
penggunaan teknologi yang sekarang sudah semakin berkembang alangkah
baiknya untuk lebih digunakan dan dimaksimalkan dalam program belajar dari
rumah ini pada masa pandemi Covid-19.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
penguasaan guru terhadap teknologi yang ada sekarang supaya dapat digunakan
untuk membantu proses mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:25
Last Modified: 15 Oct 2024 03:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5410

Actions (login required)

View Item
View Item