BENTUK DAN FUNGSI REFERENSI PERSONAL PADA TEKS DRAMA KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 PATI TAHUN AJARAN 2019/2020

AZIZAH, NUR (2021) BENTUK DAN FUNGSI REFERENSI PERSONAL PADA TEKS DRAMA KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 PATI TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI NUR AZIZAH 16410091 PBSI.pdf] Text
SKRIPSI NUR AZIZAH 16410091 PBSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nur Azizah, NPM 16410091, Bentuk dan Fungsi Referensi Personal pada Teks Drama
Karangan Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I Dra. Ngatmini, M.Pd,
dan Pembimbing II Mukhlis, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi ketrampilan menulis teks yang masih rendah. Khususnya,
materi bentuk dan fungsi referensi personal perlu diupayakan agar peserta didik paham dan
memasukkan bentuk dan fungsi referensi personal pada karyanya di teks drama yang akan dibuat.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bentuk dan fungsi referensi personal apa saja
yang terdapat pada teks drama karangan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran
2019/2020? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi referensi
personal yang terdapat pada teks drama karangan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Pati tahun
ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah
kalimat-kalimat pada teks drama karangan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Pati yang
didalamnya terdapat bentuk dan fungsi referensi personal. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan metode simak dengan teknik catat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI SMA Negeri 2 Pati yang terdiri dari 360 peserta didik sedangkan, sampel dalam
penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI IPS 3 yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik
sampling yang digunakan yaitu 10% dari jumlah keseluruhan peserta didik yang berjumlah 36
peserta didik.
Hasil dari penelitian ini yaitu diperolah bentuk dan fungsi referensi personal pada teks
drama karangan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Pati meliputi referensi pronomina persona
kata ganti orang pertama, pronomina persona kata ganti orang kedua, dan pronomina persona kata
ganti orang ketiga yang masing-masing memiliki fungsi tunggal dan jamak.
Saran yang dapat disampaikan adalah guru mengenalkan referensi personal kepada
peserta didik agar peserta didik lebih paham dan dapat diterapkan dalam karangan teks drama yang
mereka buat.
Kata kunci: Referensi Personal, Teks Drama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:10
Last Modified: 15 Oct 2024 03:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5396

Actions (login required)

View Item
View Item