HARTANTO, FAIZAL PRASETIYAWAN (2021) KAJIAN DESKRIPTIF KESULITAN PEMBELAJARAN DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN 2 LETEH REMBANG DI MASA COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FAIZAL PRASETIYAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Faizal Prasetiyawan Hartanto NPM 16120209. “Kajian Deskriptif
Kesulitan Pembelajaran Daring Pada Peserta Didik Kelas 4 SDN 2 Leteh
Rembang Di Masa Covid-19”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2020. Pembimbing
I Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II Ari Widyaningrum, S.Pd.,
M.Pd.
Berdasarkan kajian teori terdapat suatu permasalahan yaitu terkait dengan
pembelajaran online atau daring (dalam jaringan) di masa pandemi covid-19
kesulitan yang dihadapi peserta didik bermacam-macam seperti penggunaan kuota
internet, dan jaringan yang tidak memadai, beberapa peserta didik belum
menguasai IT menyebabkan permasalahan dalam pelaksanaan daring.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah menganalisis kesulitan
Peserta didik dalam pelaksanaan belajar dari rumah atau daring pada masa covid-
19 di SDN 2 Leteh Rembang. Dengan rumusan masalah, Bagaimana kesulitan
peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring dari rumah pada masa
covid-19? Bagaimana penanganan dan solusi kesulitan peserta didik dalam
pelaksanaan pembelajaran daring dari rumah pada masa covid-19?
Hasil analisis dari data yang diperoleh bahwa peserta didik kelas IV dan
guru SDN 2 Leteh dan orang tua mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring
dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru adalah susahnya
sinyal, keterbatasan kuota yang dimiliki peserta didik dan juga ada peserta didik
yang tidak dapat membuka link yang diberikan guru sehingga pembelajaran
menjadi terhambat. Peserta didik mengalami kesulitan saat pembelajaran daring,
faktor yang mempengaruhi peserta didik adalah susahnya sinyal, dan banyak
peserta didik yang tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Orang
tua dari peserta didik sangat kerepotan dan menyita waktu mereka, kebanyakan
orang tua memerlukan bantuan orang lain untuk membimbing atau menjelaskan
materi yang dismapaikan guru, dan orang tua mengeluhkan masalah pembelajaran
daring karena adanya penambahan biaya pembelian kuota internet. Dengan
adanya berbagai kendala itu, maka guru melakukanpembelajaran secara home
vising, atau mendatangi rumah beberapa peserta didik untuk menyampaikan
materi atau tugas.
Saran yang dapat disampaikan adalah guru harus lebih kreatif dalam
membuat materi yang menarik agar siswa paham dengan apa yang disampaikan
dan tidak merasa bosan saat melakukan pembelajaran daring, orang tua harus
terus menerus menambah wawasan dan pengetahuan untuk membimbing putra-
putrinya, dan senantiasa meluangkan waktu untuk mengajak putra-putrinya untuk
refresing, agar anak tidak merasa bosan, melakukan penelitian lanjutan dengan
pilihan atau opsi yang bisa digunakan adalah metode penelitian kuantitatif,
sehingga hasil yang didapat akan lebih detail dan lebih mendalam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 03:00 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5391 |