ROSDIANA, NOPI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI NOPI ROSDIANA (17310002).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun datar ditinjau dari
gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1
Bulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Bulu semester genap tahun
ajaran 2020/2021 yang berjumlah 6 siswa dengan rincian 3 siswa kognitif reflektif
dengan kemampuan (tinggi, sedang dan rendah) dan 3 siswa kognitif impulsif
dengan kemampuan (tinggi, sedang dan rendah). Pengumpulan data dilakukan
dengan tes MFFT, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan
dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dilakukan
dengan cara data yang diperoleh dari hasil tes tertulis dicek menggunakan
wawancara. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Siswa reflektif
berkemampuan tinggi sudah menuliskan dan mampu menjelaskan semua indikator
langkah pemecahan masalah menurut Polya dengan baik dan benar. (2) Siswa
reflektif berkemampuan sedang sudah menuliskan semua indikator langkah
kemampuan pemecahan masalah menurut Polya tetapi pada perencanaan dan
pelaksanaan rencana masih ada yang belum tepat. (3) Siswa reflektif
berkemampuan rendah belum menuliskan semua indikator langkah kemampuan
pemecahan masalah menurut Polya serta pada perencanaan dan pelaksanaan
rencana masih banyak yang belum tepat. (4) Siswa impulsif berkemampuan tinggi
sudah menuliskan semua indikator langkah pemecahan masalah menurut Polya
dengan baik tetapi pada perencanaan masih ada yang belum tepat. (5) Siswa
impulsif berkemampuan sedang belum menuliskan semua indikator langkah
kemampuan pemecahan masalah menurut Polya karena melewatkan tahap
pemeriksaan kembali, dan (6) Siswa impulsif berkemampuan rendah belum
menuliskan semua indikator langkah kemampuan pemecahan masalah menurut
Polya dan masih banyak yang kurang pada semua tahapan.
Kata kunci : Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif Reflektif,
Gaya Kognitif Impulsif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:51 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5379 |