FITRIANTO, ACHMAD DWI (2021) ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN WA GROUP PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI JOBOKUTO 01 JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ACHMAD DWI FITRIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada ibu Kusniatun guru
kelas VA SD Negeri Jobokuto 01 Jepara, beliau mengatakan bahwa kesulitan saat
pembelajaran daring adalah tidak semua siswa memiliki hp, siswa yang orang
tuanya bekerja ke kantor tentu hp dibawa orang tua, dan juga masalah kuota.
Beliau juga menanggulani kesulitan tersebut dengan melakukan home visit ke
rumah-rumah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
analisis kesulitan yang dialami oleh siswa, guru, dan orang tua saat pembelajaran
daring menggunakan whatsapp group pada materi pecahan kelas V SD Negeri
Jobokuto 01 Jepara. Fokus penelitian ini adalah menganalisis kesulitan siswa
dalam mengikuti pembelajaran daring terutama pada pelajaran matematika pada
materi pecahan yang ditinjau dari hasil pekerjaan siswa pada soal matematika
kelas V semester I SD Negeri Jobokuto 01 Jepara. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan analisis kesulitan yang dialami oleh siswa, guru,
dan orang tua saat pembelajaran daring menggunakan whatsapp group pada
materi pecahan kelas V SD Negeri Jobokuto 01 Jepara.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek
penelitian ini guru kelas, siswa kelas V SD Negeri Jobokuto 01 Jepara, dan wali
murid. Teknik pengumpulan data ini berasal dari observasi, wawancara, dan
angket/kuesioner.
Hasil analisis dari data yang diperoleh bahwa guru, siswa, dan wal murid
mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring menggunakan whatsapp group
pada materi pecahan kelas V SD Negeri Jobokuto 01.
Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran daring menggunakan
whatsapp group belum berjalan dengan baik pada SD Negeri Jobokuto 01 Jepara,
hal ini dikarenakan kesulitan yang dialami oleh guru saat pembelajaran daring
ialah jika salah satu siswa tidak mempunyai kuota, maka dari itu guru harus
melakukan home visit atau kunjungan ke rumah siswa agar materi yang
disampaikan guru tersampaikan kepada semua siswa. Siswa mengalami kesulitan
dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, kebanyakan siswa merasa
bosan saat pembelajaran daring berlangsung. Orang tua dari siswa kelas V merasa
sulit memahami materi dari guru, akibatnya memerlukan bantuan orang lain saat
menjelaskan atau membimbing putra-putrinya.
Kata Kunci: Kesulitan Pembelajaran Daring, Whatsapp Group, Pecahan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:43 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5378 |