Hidayat, Faisal (2021) KEEFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADA MATERI PASSING BAWAH BOLA VOLI DI SMP NEGERI 6 UNGARAN SATU ATAP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Faisal Hidayat.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Faisal Hidayat, 2020. Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama
Pandemi Covid-19 Pada Materi Passing Bawah Bolavoli Siswa SMP. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan
pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada
materi passing bawah bolavoli siswa SMP dengan mengacu pada kriteria
efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, keterlaksanaan,
dan respons siswa.
Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang melibatkan satu
kelompok yang diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 6 Ungaran Satu Atap sebanyak 86 siswa semester ganjil
tahun ajaran 2020/2021 dan dipilih 1 kelas secara acak sebagai sampel penelitian.
Pengambilan
data
dilakukan
dengan
menggunakan
lembar
observasi
keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar (pretest dan posttest), lembar
observasi aktivitas siswa dan angket respons siswa. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial.
Hasil
analisis
statistika
deskriptif
menunjukkan:
(1)
rata-rata
keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran daring
menggunakan media online sebesar 3,3 (terlaksana dengan sangat baik), (2) Rata-
rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) yaitu 62,06. Rata-rata hasil belajar
siswa (posttest) yaitu 74,71, (3) hasil posttest menunjukkan bahwa ketuntasan
klasikal tercapai yakni sebesar 88,2% (30 siswa) mencapai ketuntasan individu,
(4) rata-rata gain ternormalisi sebesar 0,34 (kategori sedang), (5) rata-rata
persentase aktivitas siswa sebesar 76,2%, (6) rata-rata persentase siswa yang
memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 81%. Hasil
analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan
pembelajaran daring melalui metode online lebih besar dari 70 (KKM), (2) nilai
rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat
perbedaan secara signifikan hasil belajar passing bawah bola voli sebelum dan
setelah penggunaan pembelajaran daring melalui media online.
Simpulan penelitian ini pembelajaran dengan metode daring melalui media
online efektif digunakan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Ungaran Satu Atap.
Saran: Hendaknya guru meningkatkan kerjasama dengan orang tua siswa guna
mendukung keterlaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui media online.
Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar passing bawah bola voli, Pembelajaran
daring
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:43 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5376 |