ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN BEBAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MASA PANDEMI

Faiqoh, - (2021) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN BEBAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MASA PANDEMI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Faiqoh.pdf] Text
Faiqoh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang mewabah didunia berdampak pada berbagai sektor, salah
satunya yaitu terganggunya sektor pendidikan. Upaya pemerintah dalam
mengatasi hal tersebut adalah mengeluarkan kebijakan pembelajaran yang awal
mulanya tatap muka menjadi sistem pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut
membuat
siswa
merasa
jenuh
dalam
mengikuti
pembelajaran
hingga
menimbulkan kurangnya motivasi belajar siswa yang berakibatkan berlebihnya
penerimaan memori kerja siswa sehingga menimbulkan beban kognitif. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dan beban kognitif siswa dalam
pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia di masa pandemi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian
adalah siswa kelas XI MIA 2 MA Abadiyah yang terdiri dari 25 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling yaitu salah satu teknik
sampling non random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur
motivasi belajar adalah angket. Sedangkan beban kognitif siswa terdiri dari
Intrinsic Cognitive Load (ICL) menggunakan lembar kerja siswa yang dibuat oleh
guru. Extraneous Cognitive Load (ECL) menggunakan angket. Germane
Cognitive Load (GCL) menggunakan soal test pilihan ganda. Hasil penelitian
menunjukkan motivasi belajar siswa berada dalam kategori cukup rendah dengan
skor rata-rata 69,44. Data kemampuan menerima dan mengolah informasi siswa
diperoleh rata-rata sebesar 90 dalam kategori cukup tinggi sehingga ICL rendah.
Usaha mental diperoleh rata-rata sebesar 67,5 dalam kategori cukup tinggi
sehingga ECL tinggi, dan Hasil belajar dengan skor rata-rata sebesar 45,4 dalam
kategori cukup rendah sehingga GCL tinggi. Berdasarkan data tersebut, motivasi
belajar siswa relative cukup rendah karena siswa merasa jenuh dan cepat bosan
dalam mengerjakan tugas. Siswa juga merasakan adanya beban kognitif yang
diakibatnya banyaknya informasi yang diterima tidak sebanding dengan hasil
belajar siswa. Maka dari itu, perlu adanya inovasi pada penerapan pembelajaran
supaya motivasi belajar tinggi dan beban kognitif siswa dapat diminimalisir di
masa pandemi.
Kata Kunci: Pandemi, Motivasi Belajar, Beban Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:34
Last Modified: 15 Oct 2024 02:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item
View Item