PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM NASKAH DRAMA DAG DIG DUG KARYA PUTU WIJAYA

ROMADHONI, NELLA RISQI (2021) PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM NASKAH DRAMA DAG DIG DUG KARYA PUTU WIJAYA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI NELLA RISQI 16410069...pdf] Text
SKRIPSI NELLA RISQI 16410069...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nella Risqi Romadhoni. NPM 16410069 “Pelanggaran Prinsip
Kesantunan Berbahasa dalam Naskah Drama Dag Dig Dug Karya Putu Wijaya
sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMA”. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni,
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Siti Fatimah, S.S., MPd.dan
pembimbing II Icuk Prayogi,S.S.,M.A
Kata Kunci: Kesantunan Berbahasa, Drama, Bahan Ajar
Naskah drama berjudul Dag Dig Dug karya Putu Wijaya karena naskah
tersebut merupakan naskah drama realis. Naskah drama realis yaitu suatu naskah
yang bertitik tolak dari kenyataan. Bahan ajar yang sesuai untuk kesantunan
berbahasa dalam pembelajaran sastra di SMA yaitu terdapat pada KD 3.19
menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton. Bahan ajar yang
digunakan pada KD 3.19 di SMA kelas XI semester 2 belum maksimal, penelitian
ini dapat membantu para pendidik menanamkan kembali kesantunan berbahasa
peserta didik. Kesantunan berbahasa yang tekandung dalam naskah drama Dag Dig
Dug karya Putu Wijaya dapat dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran sasrta di
SMA khususnya kelas XI semester 2.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan data yang bersifat deskriptif
tentang kesantunan berbahasa yang mematuhi dan melanggar pada naskah drama
Dag Dig Dug karya Putu Wijaya dan untuk mendeskripsikan implikasi kesantunan
berbahasa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik simak catat. Teknik simak dilakukan dengan menyimak naskah drama dag
dig dug. Teknik catat yaitu dilakukan dengan cara mencatat kesantunan berbahasa.
Hasil analisis dan pembahasan Kesantunan berbahasa dalam naskah drama
dadig dug ada lima yaitu, maksim kebijaksanaan, maksim penerimaan, maksim
kemurahan, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan dan maksim simpati.
Wujud bahan ajar yang digunakan yaitu buku teks sebagai alternatif pembelajaran
di SMA. Buku teks ini terdapat beberapa materi, penugasan dan ulangan.
Penelitian selanjutnya dapat menggunakan penelitian langsung sehingga dapat
mengetahui keefektifan buku teks sebagai alternatif bahan ajar. Selain itu guru
juga perlu mengembangkan kreativitas sehingga penugasan yang dilakukan
selama pembelajaran efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:30
Last Modified: 15 Oct 2024 02:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5362

Actions (login required)

View Item
View Item