PELAKSANAAN PEMBINAAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DI PANTI ASUHAN DARUL HADLONAH KOTA KUDUS JAWA TENGAH

APRILIANA, FAILA (2021) PELAKSANAAN PEMBINAAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DI PANTI ASUHAN DARUL HADLONAH KOTA KUDUS JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of faila aprilia (2).pdf] Text
faila aprilia (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAILA APRILIANA. NPM 17210020. “Pelaksanaan Pembinaan Nilai-Nilai
Budi Pekerti Di Panti Asuhan Darul Hadlonah Kota Kudus Jawa Tengah”.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang penelitian ini adalah pembinaan kepada anak yatim, piatu,
dan yatim piatu sejajar dengan anak-anak yang berbeda disekitarnya melalui
pembinaan nilai-nilai budi pekerti sesuai dengan ajaran panti. Rumusan masalah
diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Pembinaan Nilai-
nilai Budi Pekerti di Panti Asuhan Darul Hadlonah Kota Kudus Jawa Tengah,
Apa saja Nilai-nilai Budi Pekerti yang ditanamkan di Panti Asuhan Darul
Hadlonah Kota Kudus Jawa Tengah, Apakah faktor pendukung dan penghambat
yang di alami dalam Pelaksanaan Pembinaan Nilai-nilai Budi Pekerti di Panti
Asuhan Darul Hadlonah Kota Kudus Jawa Tengah?. Tujuan penalitian ini untuk
mengetahui Nilai-nilai Budi Pekerti di Panti Asuhan Darul Hadlonah Kota Kudus
Jawa Tengah.
Jenis dalam penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi
penelitian dilakukan di Panti Asuhan Darul Hadlonah Kudus Jl. Pramuka No.24
Kudus, Desa Wergu Wetan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus Jawa Tengah.
Fokus penelitian mengenai Pelaksanaan Pembinaan Nilai-nilai Budi Pekerti di
Panti Asuhan Darul Hadlonah Kota Kudus Jawa Tengah. Indikator sebagai berikut
1) Kegiatan pengasuh sebagai pengganti orang tua dalam pelaksanaan pembinaan
nilai-nilai budi pekerti. 2) Upaya pengasuh sebagai pendukung dalam ketersediaan
fasilitas anak asuh pada pelaksanaan pembinaan nilai-nilai budi pekerti. 3)
Hambatan dan pendukung yang dihadapi pengasuh dalam mengarahkan
pelaksanaan nilai-nilai budi pekerti. Teknik pengumpulan data dan keabsahan data
menggunakan trianggulasi teknik yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan antara lain Reduksi data, Penyajian data, dan
Penarikan Kesimpulan. Analisis pengumpulan data menggunakan Data
Collection, Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing/Verification.
Hasil penelitian yang pertama, diperoleh dari Pelaksanaan pembinaan
nilai-nilai budi pekerti yang telah ditanamkan di Panti Asuhan Darul Hadlonah
oleh pengasuh. Pengasuh memberikan pembinaan dengan berbagai macam upaya,
seperti ketika ada seorang anak asuh yang melanggar tata tertib di Panti Asuhan
Darul Hadlonah maka pengasuh memberikan suatu sanksi/hukuman. Kedua,
faktor pendukung penanaman pembinaan nilai-nilai budi pekerti seperti sarana
dan prasarana yang layak serta rasa kekeluargaan yang diterapkan pengasuh
mengenai pentingnya penanaman budi pekerti. Ketiga, faktor penghambat anak
panti asuhan terpengaruh dari teman-teman disekitarnya yang memiliki sifat malas
anak panti akan meniru dan menjadikan anak panti mengikuti sifat malas dari
anak tersebut. Serta kesulitan dalam membagi waktu disekolah dan didalam panti
asuhan.
Kata Kunci : Pembinaan, Nilai, Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:23
Last Modified: 15 Oct 2024 02:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item
View Item