AINIYATI, NELI (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI BATURSARI 05. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Skripsi Neli Ainiyati.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
NELI AINIYATI. NPM 16120235. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA
Kelas V SD Negeri Batursari 05”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru belum
mengembangkan LKPD IPA yang memicu peserta didik untuk berpikir kreatif,
kritis, dan menyelesaikan masalah serta LKPD yang diberikan oleh guru masih
pada taraf Low Order Thinking Skill (LOTS) serta memuat beberapa mata
pelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan
lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis HOTS pada pembelajaran IPA Kelas
V Semester 2 yang valid, praktis, dan efektif. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berbasis HOTS pada pembelajaran IPA Kelas V Semester 2 yang valid, praktis,
dan efektif.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(Research and Development / R&D) dari Borg dan Gall. Pada penelitian ini
menggunakan lima langkah pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall
sesuai keputusan hasil rapat senat fakultas yaitu penelitian dan pengumpulan data,
perencanaan, pengembangan draf produk, uji lapangan awal, dan merevisi hasil
uji coba.
Hasil penilaian ahli LKPD, ahli materi dan pendidik sebagai validator
pengguna dengan memperlihatkan peningkatan skor validasi menjadi 414 dan
persentase 92% dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian validator ahli LKPD
menunjukkan persentase 92%, 93,3%, dan 92% dengan kriteria sangat baik. Hasil
penilaian validator materi LKPD menunjukkan persentase 93,3%, 88%, dan
93,3% dengan kriteria sangat baik. Hasil tanggapan pendidik terhadap LKPD dari
kelas VA dan VB menunjukkan persentase 94% dan 96% dengan kriteria sangat
baik. Hasil respon peserta didik kelas VA dan VB terhadap LKPD
memperlihatkan bahwa peserta didik memberikan tanggapan sangat baik dengan
menunjukkan persentase 98,5% dan 97,5%.
Saran yang dapat disampaikan adalah pendidik atau guru dapat
mengembangkan LKPD berbasis HOTS untuk menjadi salah satu pilihan sumber
belajar yang dapat digunakan oleh pendidik dalam mengajarkan materi
pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:24 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5356 |