PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU SOAL DAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP

Zamroni, Dela Noor (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU SOAL DAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of 17310130 Skripsi Dela Noor Lengkap.pdf] Text
17310130 Skripsi Dela Noor Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Make A Match dengan media kartu soal dan model pembelajaran
Number Head Together dengan media mind mapping terhadap hasil belajar
siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pati yang dilakukan secara daring karena
pandemi COVID 19. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 10 kelas.
Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh
kelas VII-B, VII-A dan VII-C SMP Negeri 3 Pati. Jenis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1)
adanya perbedaan model pembelajaran Make A Match dengan media kartu soal,
Number Head Together dengan media mind mapping, dan model pembelajaran
konvensional, 2) model pembelajaran Make A Match dengan media kartu soal
lebih baik dari model pembelajaran konvensional, 3) model pembelajaran
Number Head Together dengan media mind mapping lebih baik dari model
konvensional, 4) adanya perbedaan model pembelajaran Make A Match dengan
media kartu soal dan Number Head Together dengan media mind mapping, 5)
adanya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa pada model
pembelajaran Make A Match dengan media kartu soal dan model pembelajaran
Number Head Together dengan media mind mapping. 6) hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan media kartu soal dan
model pembelajaran Number Head Together dengan media mind mapping
sudah mencapai ketuntasan individu tetapi belum mencapai ketuntasan klasikal.
Kata kunci: model Make A Match, model Number Head Together, kartu soal,
mind mapping, hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:16
Last Modified: 15 Oct 2024 02:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5353

Actions (login required)

View Item
View Item