PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN BANTUAN FLASHCARD PADA ANAK KELAS X-B TUNARUNGU DI SMALB PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON

FATIMAH, FAHRUN NISA UMI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN BANTUAN FLASHCARD PADA ANAK KELAS X-B TUNARUNGU DI SMALB PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FAHRUN NISA UMI FATIMAH 17330019.pdf] Text
FAHRUN NISA UMI FATIMAH 17330019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk melakukan
pembelajaran khususnya untuk anak tunarungu pada materi Gaya dan Hukum Newton
menjadi salah satu masalah dalam pembelajaran saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui suatu kevalidan, kepraktisan dan kefektifan suatu produk media
pembelajaran ular tangga berbantuan flashcard pada anak kelas X-B Tunarungu.
Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X-B Tunarungu di SLB N
Rembang terdiri dari 8 siswa yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian.
Pengambilan data ini menggunakan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pembelajaran
menggunakan media pembelajaran ular tangga berbantuan flashcard dan pembelajaran
tanpa menggunakan media pembelajaran ular tangga berbantuan fashcard. Hasil
kevalidan sebuah media diketahui dari nilai rata-rata angket yang menunjukkan 80,42
dengan kriteria “layak” digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan suatu media
diketahui dari nilai kepraktisan sebuah media yang menunjukkan 5,33 dengan kategori
“sangat tinggi”. Nilai keefektifan sebuah media dilihat dari hasil perhitungan
menggunakan uji normalitas dengan nilai data menggunakan media pembelajaran yaitu
viii
0,63 < 0,05 untuk kelas control dan untuk kelas eksperimen 0,65 < 0,05. Sedangkan
nilai dari siswa tidak menggunakan media pembelajaran diperoleh nilai 0,051 < 0,05
pada kelas eksperimen dan kelas control memiliki nilai sebesar 0.665 < 0,05.
Peningkatan yang pada penelitian menggunakan media pembelajaran memperoleh
nilai uji gain dengan rata-rata sebesar 0,597 kriteria “sedang”, sedangkan nilai uji gain
pada penelitian tidak menggunakan media yaitu 0,237 kriteria “rendah”.
Kata kunci : Pengembangan Media Pembelajaran SLB, Media Pembelajaran Ular
Tangga Berbantuan Flashcard, Tunarungu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:18
Last Modified: 15 Oct 2024 02:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5349

Actions (login required)

View Item
View Item