Fahada, Kholid (2021) SURVEI AKTIVITAS FISIK SISWA PADA ERA NEW NORMAL DI SMA SEDERAJAT SE-KABUPATEN DEMAK TAHUN 2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
1. SKRIPSI KHOLID FAHADA 2021 SURVEI AKTIVITAS FISIK SISWA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kholid Fahada “Survei Aktivitas Fisik Siswa pada Era New Normal di SMA
Se-derajat Se-Kabupaten Demak Tahun 2021”, Program Studi Pendidikan
Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang,2021
Olahraga merupakan aktivitas fisik yang terencana, terstruktur, dan
berkesinambungan yang melibatkan gerakan tubuh yang bertujuan untuk
meningkatkan kebugaran jasmani. Pada masa pandemi Covid-19, aktivitas fisik
siswa mengalami hambatan dikarenakan tidak ada pembalajaran secara langsung/
praktik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga, dan Kesehatan yang
berhubungan dengan aktivitas fisik yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa melakukan aktivitas fisik pada
era new normal di SMA sederajat se-Kabupaten Demak dan untuk mengetahui
keefektifan guru penjas dalam memberikan tugas praktik atau tugas
pendidikan jasmani pada siswa di SMA sederajat se-Kabupaten Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualititatif, proses pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan secara langsung kepada sumbernya atau
data primer yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner (angket) melalui
online lewat media google form kepada 39 guru mata pelajaran pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) di SMA sederajat se-Kabupaten
Demak.
Hasil penelitian survei yang dilakukan adalah untuk mengetahui
aktivitas fisik siswa sebelum dan selama pandemi Covid-19, sebelum pandemi
guru SMA sederajat se Kabupaten Demak melaksanakan pembelajaran luring
atau tatap muka baik pemberian materi secara teori, praktek atau aktivitas fisik,
pemberian evaluasi atau tes dan pemberian tugas, sedangkan selama pandemi
Covid -19 guru melaksanakan pembelajaran penjas secara daring baik berupa
materi aktivitas fisik dalam pembelajaran daring menggunakan Whatsapp
Aplikasi, Zoom, dan Google meet. Selama pandemi Covid-19 secara psikologis
siswa memiliki kesehatan jasmani yang baik dengan presentase 76,90% dan
kesehatan termasuk suasana hati dan kesanggupan berfikir siswa adalah baik
dengan presentase 87,30%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya
perubahan sistem pendidikan menjadi daring diharapakan kerjasama antara guru
dan orang tua selalu memberikan motivasi dan pendampingan kepada siswa
atau putra-putrinya agar siswa tetap seiring melakukan aktivitas fisik di rumah
selama pembelajaran daring yang akan berdampak pada kekuatan imun tubuh
dan terhindar dari penyakit maupun obesitas yan g membahayakan bagi tubuh
siswa serta menerapkan pola hidup sehat selama pandemi Covid-19.
Kata Kunci: Aktivitas fisik, Metode pembelajaran, Pandemi, Covid-19, era new
normal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:09 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5347 |