Nadzhifah, Auliya Hikmatun (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
01. Auliya Hikmatun Nadzhifah_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
menganalisis kemampuan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah
matematika yang ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII. Penelitian ini
dilakukan oleh 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwana. Subjek penelitian ini
berjumlah tiga siswa. Teknik pengambilan subjek dilakukan secara purposif
sampling. Siswa diberi tes angket gaya belajar untuk mendapatkan tiga subjek
yaitu siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Instrumen dalam
penelitian ini menggunakan angket gaya belajar untuk mendapatkan subjek, tes
kemampuan penyelesaian masalah untuk memunculkan kemampuan berpikir
reflektif, dan pedoman wawancara untuk memunculkan kemampuan berpikir
reflektif siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi
teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data,
dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan
sebagai berikut: (1) Siswa dengan gaya visual memunculkan tahap reacting dan
comparing dan tidak kecenderungan berpikir reflektif. (2) Siswa dengan gaya
auditorial memunculkan tahap reacting dan tidak kecenderungan berpikir reflektif.
(3) Siswa dengan gaya kinestetik memunculkan tahap reacting, comparing, dan
contemplating dan kecenderungan berpikir reflektif.
Kata Kunci: berpikir reflektif; gaya belajar; kemampuan penyelesaian masalah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:05 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5344 |