PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SCIENCE INQUIRY dan LITERASI NUMERIK ANAK USIA DINI TESIS

SUSILOWATI, ENY (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SCIENCE INQUIRY dan LITERASI NUMERIK ANAK USIA DINI TESIS. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Eny susilowati 20560046 .pdf] Text
Eny susilowati 20560046 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan dan keefektifan
perangkat pembelajaran berbasis STEAM dan dapat digunakan sebagai rujukan
dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan science inquiry dan
literasi numerik anak usia dini. Subjek penelitian ini adalah peserta didik KB Al
Muslimun Aglik Grabag Purworejo. Jenis Penelitian ini adalah Research and
Development menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah
yaitu pendahuluan, perancangan, pengembangan produk awal, uji coba awal,
revisi, uji coba utama, revisi produk, uji coba operasional, revisi akhir serta
diseminasi dan distribusi. Berdasarkan langkah umum tersebut, disederhanakan
menjadi tiga langkah yang terdiri atas pendahuluan, pengembangan dan
pengujian. Data validasi dikumpulkan untuk megetahui validitas produk
perangkat pembelajaran meliputi data angket ahli isi/materi. Data keefektifan
dikumpulkan untuk mengetahui keefektifan produk perangkat pembelajaran.
Tekhnik analisis data yang digunakan terdiri atas dua tekhnik, tekhnik pertama
kuantitatif berupa hasil presentase validasi perangkat pembelajaran dan tekhnik
kedua adalah kualitatif yang berasal dari komentar dan saran validator. Hasil reviu
validitas produk pengembangan dari validasi ahli sebagai berikut : 1) RPP dari
segi kelengkapan mendapat hasil 97 % dan segi konten dan bahasa mendapat hasil
100 %. Hasil review ahli tersebut menunjukkan produk perangkat pembelajaran
memperoleh kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji
keefektifan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis STEAM
berpotensi meningkatkan science inquiry dan literasi numerik anak usia dini.
Kata Kunci : perangkat pembelajaran, STEAM, science inquiry dan literasi
numerik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:16
Last Modified: 08 Jan 2024 03:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item
View Item