HUMARDANI, FAHMA TRI (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GODO 03 KABUPATEN PATI PADA MASA PANDEMI COVID- 19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Fahma Tri Humardani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
FAHMA TRI HUMARDANI NPM 17120070 “Peran Orang Tua
Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Godo 03
Kabupaten Pati Pada Masa Pandemi COVID-19. Program studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah dimasa pandemi COVID- 19
banyak siswa yang kurang aktif dalam mengikuti proses belajar, Siswa
mengikuti proses pembelajaran biasanya 5 menit sudah merasa bosan, ditanya
selalu diam, Siswa sering menunda-nunda dalam megerjakan tugas. Hal ini
yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan studi penelitian. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis peran orang tua dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas V SDN Godo 03 pada masa pandemi COVID- 19
dan menganalisi hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatkan
motivasi belajar anak pada masa pandemi COVID- 19.
Metode penelitian ini kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ada 3
tahap yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan. Data penelitian ini diperoleh melalui subyek yang terdiri 20
orangtua siswa kelas V, guru kelas V, dan kepala Sekolah. Kemudian untuk
pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukan peran orang tua dalam meningkatkan
motivasi belajar anak pada masa pandemi COVID-19 yaitu 1) Memberikan
perhatian belajar, 2) Membimbing dan menemani anak, 3) Mengawasi anak
dalam menggunakan handphone, 4) Memberikan nasehat dan dukungan, 5)
memberikan fasilitas belajar, 6) Memberikan hadiah dan hukuman. Namun,
beberapa dari orang tua kurang memberikan perhatian belajar karena faktor
pekerjaan, selain itu ada orang yang tidak tinggal bersama dengan anak.
Hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu
1) Kondisi anak yang kurang bersemangat dalam belajar, 2) Kesibukan orang
tua yang tidak bisa membagi waktu karena perihal dari pekerjaan, 3)
Kesulitan atau kurang memahami materi, 4) Fasilitas jaringan internet kurang
lancar. Dapat disimpulkan bahwa orang tua siswa kelas V sudah berperan
dalam meningkatkan motivasi belajar anak, tetapi dalam meningkatkan
motivasi belajar ada beberapa hambatan yang dialami oleh orang tua.
Orang tua agar bisa membagi waktu lebih maksimal terhadap
pendampingan belajar anak dan perlunya kerjasama antara orang tua dengan
pihak sekolah. Sehingga orang tua dapat mengatasi hambatan yang dialami
dan proses pembelajaran daring dimasa pandemi COVID- 19 dapat berjalan
dengan lancar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:00 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5337 |