Anggraeni, May Dwi (2023) ANALISIS PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA KORBAN BULLYING DI SMA NEGERI 1 JUWANA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
May Dwi Anggraeni 19110017.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
May Dwi Anggraeni. NPM 19110017. “ANALISIS PERKEMBANGAN
SOSIAL EMOSIONAL SISWA KORBAN BULLYING DI SMA NEGERI 1
JUWANA”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Eka Sari Setianingsih,
S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Ismah, S.Ag., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perilaku bullying pada
siswa di SMA Negeri 1 Juwana. Dengan adanya perilaku tersebut makan muncul
keingintahuan dari peneliti terkait perkembangan sosial emosional siswa yang
menjadi korban bullying. Fokus dalam permasalahan dalam penelitian ini adalah
perkembangan sosial emosional siswa korban bullying di SMA Negeri 1 Juwana.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan fenomenologi dimana penelitian ini mendeskripsikan pemaknaan
pengalaman hidup dari sejumlah individu yang menjadi subjek penelitian terkait
dengan konsep dan fenomena. Tujuan fenomenologi untuk memahami fenomena
dari perspektif individu yang mengalaminya dalam situasi tertentu secara umum.
Pengambilan data yang digunakan adalah pedoman observasi, kuesioner,
wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah didapat dianalisis
melalui tahapan empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah itu disajikan dalam bentuk
pendeskripsian dalam bentuk kalimat mengenai penemuan makna dari setiap
fenomena.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian bahwa tindakan bullying
mempengaruhi perkembangan sosial emosional pada siswa. Teman sebaya
merupakan interaksi pada anak-anak dengan tingkat usia yang sama serta
mempunyai tingkat keakrabanyang relatif tinggi diantara kelompoknya.
Dukungan tersebut dapat mengacu pada kesenangan. Akan tetapi teman sebaya
juga dapat menjadi hal yang tidak lazim diterima oleh seseorang. Seperti
perlakuan bullying yang dilakukan teman sebaya terhadap seseorang tersebut. Hal
ini sangat berpengaruh pada perkembangan sosial dan emosional anak yang
menjadi korban bullying.
Saran yang dapat disampaikan diharapkan siswa mampu memberian
perlawanan terhadap pelaku bullying dan bagi pelaku bullying agar tidak
melakukan hal demikian agar semua siswa dapat bersekolah dengan nyaman.
Selain itu guru dan orang tua harus memperhatikan perkembangan anak dan siswa
mereka, karena siswa berada pada masa remaja transisi di mana mereka sedang
mencari jati dirinya untuk membentuk pribadi yang diharapkan.
Kata Kunci: Perkembangan Sosial Emosional, Bullying
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:15 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/532 |