PENGEMBANGAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI KAJAR 01 PATI

Yusantika, Yuyuk (2024) PENGEMBANGAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI KAJAR 01 PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Yuyuk Yusantika.pdf] Text
Yuyuk Yusantika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

YUYUK YUSANTIKA. NPM 20120264. “Pengembangan Media Dakota
(Dakon Matematika) pada Materi KPK dan FPB di Kelas V SD Negeri Kajar 01
Pati”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Sunan Baedowi,
S.H.I., M.S.I. dan Dosen Pemimbing II Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd. Juni.
2024.
Latar belakang masalah yang mendorong penelitian ini adalah tidak adanya
penggunaan media pembelajaran pada materi FPB dan KPK. Penggunaan metode
ceramah masih sering kali digunakan selama proses pembelajaran sehingga
peserta didik kurang memahami materi pembelajaran dan kurang antusias selama
proses pembelajaran. Dengan demikian, menyebabkan peserta didik masih
mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pada materi FPB dan KPK.
Sehingga hasil belajar belum memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan
media Dakota (Dakon Matematika) pada materi KPK dan FPB untuk siswa kelas
V SD Negeri Kajar 01 Pati?, 2) Bagaimana kelayakan media Dakota (Dakon
Matematika) pada materi KPK dan FPB untuk siswa kelas V SD Negeri Kajar 01
Pati?Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk
mengetahui pengembangan media Dakota (Dakon Matematika) pada materi KPK
dan FPB untuk siswa kelas V SD Negeri Kajar 01 Pati, 2) Untuk mengetahui
kelayakan media Dakota (Dakon Matematika) pada materi KPK dan FPB untuk
siswa kelas V SD Negeri Kajar 01 Pati.
Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan R & D
(Research and Development) menurut Borg and Gall (Sugiyono 2016:298) yang
berorientasi pada produk. Peneliti membatasi langkah penelitian hanya sampai
tahap 6, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi
desain, revisi desain, dan uji coba produk.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sudah sesuai
dengan langkah-langkah pengembangan Borg and Gall untuk memperoleh
kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase
validasi ahli materi 95,58% dan ahli media 88,75%. Sedangkan analisis
presentase respon peserta didik sebesar 100% dan analisis presentase respon guru
sebesar 89,6%. Berdasarkan penilaian evaluasi pembelajaran penggunaan media
pembelajaran media Dakota mampu meningkatkan kemampuan pemahaman
peserta didik dengan mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
(KKTP) dengan nilai rata-rata adalah 87,25.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah adanya
pengembangan media Dakota (Dakon Matematika) pada materi KPK dan FPB
dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar sebagai media
pembelajaran yang efektif dan menrik sehingga peserta didik dapat memahami
materi yang disampaikan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:07
Last Modified: 14 Oct 2024 08:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5319

Actions (login required)

View Item
View Item