EFEKTIVITAS PENDEKATAN JAS PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 01 TAWANGHARJO

ARFIANI, YUNITA (2024) EFEKTIVITAS PENDEKATAN JAS PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 01 TAWANGHARJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YUNITA ARFIANI.pdf] Text
YUNITA ARFIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Yunita Arfiani, NPM 20120105. “Efektivitas Pendekatan JAS Pada
Pembelajaran Struktur Bagian Tubuh Tumbuhan Dan Fungsinya Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas IV SDN 01 TAWANGHARJO”.Skripsi. Progam Studi
Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasPGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pendidikan di
Indonesia ini masih banyak guru yang hanya menggunakan metode ceramah
seperti contoh guru yang hanya menggunakan metode ceramah seperti contoh
guru belum menggunakan media pembelajaran di setiap pembelajaran sehingga
mengakibatkan peserta didik menjadi malas dan pasif untuk belajar. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan JAS pada pembelajaran struktur
bagian tubuh tumbuhan efektif terhadap hasil siswa kelas IV SDN 01
Tawangharjo? Tujuan yang henak dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui Efektivitas pendekatan JAS pada pembelajaran struktur bagian
tubuh tumbuhan efektif terhadap hasil siswa kelas IV SDN 02Tawangharjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan
adalah Pre-Eksperimental Design dalam bentuk One-Group Pretes-Posstest
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01
Tawangharjo yang berjumlaj 16 siswa.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh hasil pretes sebanyak lai rata-rata 55
dengan presentase 31,25%. Sedangkan hasil posstest sebanyak rata-rata 87 dengan
presentase 87,5%. Analisis uji t menyatakan bahwa Thitung sebesar 9,614
disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi proses melalui Jelajah Alam
Sekitar efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Tawangharjo.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Supaya pendekatan JAS dapat dijadikan salah satu alternatif guru untuk mengajar
sehingga siswa merasa nyaman dan diperhatikan saat belajar karena sesuai dengan
kebutuhan mereka, serta menjalankan Kurikulum Merdeka dengan baik.
Kata kunci : Pendekatan JAS dan Hail Belaj

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:40
Last Modified: 14 Oct 2024 07:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5310

Actions (login required)

View Item
View Item