UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KASIH SAYANG ANAK MELALUI PSIKODRAMA DI TK PL VINCENTIUS SEMARANG

Widoningrum, Wulandari Kusuma (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KASIH SAYANG ANAK MELALUI PSIKODRAMA DI TK PL VINCENTIUS SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Wulandari 21156140.pdf] Text
Wulandari 21156140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

WULANDARI
KUSUMA
WIDONINGRUM,
NPM
21156140
“Upaya
Meningkatkan Kemampuan Kasih Sayang Anak Melalui Psikodrama Di TK
PL Vincentius Semarang” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan kasih sayang anak yang disebabkan oleh lingkungan sosial yang
masih belum ramah bagi anak, kurang adanya teladan baik dari orang dewasa di
sekitar tempat tinggal anak, kurang maksimalnya stimulasi sikap kasih sayang
oleh guru di sekolah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum muncul kasih pada anak.
Belum memahami bagaimana saling mengasihi dengan temannya. Anak kurang
menghargai hasilkaryanya maupun hasilkarya temannya. Kegiatan dikelas perlu
ditingkatkan supaya lebih inovatif. Kurangnya pengetahuan yang mendalam
tentang kegiatan psikodrama, makna dan manfaat dari kegiatan ini untuk
membangun kemampuan kasih sayang anak. Kurang memanfaatkan kegiatan
psikodrama untuk dipadukan dengan kegiatan lain yang mampu meningkatkan
kasih sayang anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan psikodrama
mampu meningkatkan kemampuan kasih sayang anak di TK Pangudi Luhur
Vincentius Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Peneliti melakukan observasi di lingkungan sekolah dilanjutkan dengan penelitian
dan pengambilan data demi keobyektifitasan penilaian.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan
peneliti tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui hasil pada kondisi awal
atau pra-siklus terdapat 7 anak dengan prosentase sekitar 44% belum berkembang,
5 anak dengan prosentase 30% mulai berkembang, 2 anak dengan prosentase 13%
berkembang sesuai harapan, 2 anak berkembang sangat baik dengan prosentase
sekitar 13%. Sedangkan pada siklus I terdapat data akhir 4 anak dengan
prosentase sekitar 25% mulai berkembang, terdapat 8 anak dengan prosentase
sekitar 50% berkembang sesuai harapan dan 4 anak dengan prosentase 25%
berkembang sangat baik. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan kasih
sayang anak yang secara signifikan yakni terdapat 3 anak dengan prosentase 19%
berkembang sesuai harapan dan terdapat 13 anak dengan prosentase sekitar 81%
berkembang sangat baik.
Kata Kunci : kasih sayang, Psikodrama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:49
Last Modified: 14 Oct 2024 06:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5297

Actions (login required)

View Item
View Item