APRIANTO, GUSTI SUGENG (2023) PENGARUH PENGGUNAAN EKSPERIMEN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KIT STEAM ROBOKIDS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM WAHYU UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
GUSTI SUGENGAPRIANTO 19150038.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Konteks penelitian yang melatar belakangi penelitian ini, yaitu Anak maumenang sendiri, cepat marah hal ini terlihat saat anak sedang bermain bersama tidak mau mengalah untuk bergantian dengan temannya, anak masih ditunggu orang tuanya karena anak mersa belum mengenal lingkungannya selain itu terlihat anak-anak belum bias mengontrol emosinya yaitu saat mendapat hasil belajar yang telah diberikan oleh guru pada anak yang mendapatkan hasil belajar yang memuaskan maka anak terlalu bangga dan memperlihatkan pada temannya. Anak yang tidak mau membantu teman ketika ada teman yang sedang membereskan mainan serta anak yang tidak mau meminjamkan alat tulisnya kepada temannya, dan anak masih minder saat pembelajaran dan tidak mau menjawab pertanyaan guru. Tujuan yang henda dicapai dalam penelitian ini adalah Menumbuhkan kecerdasan emosional Pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Islam Wahyu Ungaran Barat.
Penelitian Menggunakan Metode penelitian Kuantitatif dengan didalam terdapat penelitian eksperimen. Metode metode penelitian eksperimen itu sendiri merupakan metode penlitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan atau treatment. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 5-6 tahun, TK Islam Wahyu. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian data akhir terkait dangan kecerdasan emosional anak di kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan rata-rata 46,40 Sedangkan di kelas kontrol diperoleh rata-rata 36,73. Dan kedua data tersebut di kelas eksperimen taraf kenaikannya lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kenaikan rata-rata tersebut dikarenakan anak bermain dan menyelesaikan permainan APE Kits STEAM Robokids dengan asyik dan penuh konsentrasi yang dapat menumbuhkan kecerdasan emosional anak. Maka setelah data akhir di kelas eksperimen dihitung diperoleh thitung = 4,171 hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 1,699 dari tabel didistribusikan t, sedangkan dk = (n1+n2-2), dk = (15+15-2), jadi dk = 28 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh t tabel = 1,699, artinya t hitung > t tabel Maka Ho ditolak.
Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak karena thitung (4,171) > ttabel (1,699) sehingga dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan media APE Kits STEAM Robokids terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B TK Wahyu Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Dari penelitian yang telah dilakukuan anak-anak mampu mengontrol emosinya, lebih bersabar menunggu giliran serta anak-anak menjadi bersemangat, mampu berkomunikasi dengan temannya, bekerjasama dengan tim, menunjukan sikap ekspresif, dan berpartisipasi selama pembelajaran berlangsung
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran menggunakan APE Kit STEAM Robokids dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:15 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/529 |