PENGARUH VIDEO ANIMASI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA FASE B DI SDN KEDUNGJENAR

RIGIDANTY, SALMA CLAUDIA SILKY (2024) PENGARUH VIDEO ANIMASI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA FASE B DI SDN KEDUNGJENAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SALMA CLAUDIA SILKY RIGIDANTY.pdf] Text
SALMA CLAUDIA SILKY RIGIDANTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SALMA CLAUDIA SILKY RIGIDANTY. NPM 20120380. “Pengaruh Video
Animasi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Fase B Di SDN Kedungjenar”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada materi pecahan. Hal ini disebabkan karena kurang optimalnya
media belajar yang digunakan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah pengaruh video animasi pecahan terhadap hasil belajar siswa fase B
di SDN Kedungjenar? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh video animasi bilangan pecahan terhadap hasil belajar siswa fase B di
SDN Kedungjenar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain
eksperimen semu (quasi-experimental) dengan kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa fase B SDN Kedungjenar
tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil menggunakan dua kelas yaitu
terdiri dari 24 siswa kelas IV A dan 20 siswa kelas IV B. Pengambilan sampel
menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui tes tertulis pilihan ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kelas eksperimen (IV A), nilai
rata-rata pretest adalah 3,54 (35,4 dalam skala 100) dan nilai rata-rata posttest
adalah 5,67 (56,7 dalam skala 100), dengan hasil uji t sebesar 0,000 < 0,05 dengan
taraf signifikansi sebesar 0,05, menunjukkan pengaruh signifikan dari penggunaan
video animasi. Sebaliknya, pada kelas kontrol (IV B), nilai rata-rata pretest adalah
3,30 (33,0 dalam skala 100) dan nilai rata-rata posttest adalah 4,15 (41,5 dalam
skala 100), dengan hasil uji t sebesar 0,007 < 0,05 dengan taraf signifikasi sebesar
0.05, menunjukkan adanya pengaruh yang baik meski tidak sebesar pada kelas
eksperimen. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan video animasi pecahan
memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap hasil belajar dibandingkan
tanpa video animasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya memanfaatkan teknologi video animasi dalam pembelajaran sebagai salah
satu strategi efektif untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi,
terutama dalam konteks pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:20
Last Modified: 14 Oct 2024 03:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5277

Actions (login required)

View Item
View Item