SADAD, ROSYID AKMAL (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SEKOLAH DI DAERAH BINAAN 3 KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ROSYID AKMAL SADAD.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ROSYID AKMAL SADAD. NPM 19120419. ”Analisis Implementasi Kurikulum
Merdeka Belajar pada Sekolah di Daerah Binaan 3 Kecamatan Gringsing
Kabupaten Batang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang penelitian ini adalah miskonsepsi Implementasi Kurikulum
Merdeka. Pertama tentang persepsi guru harus membuat Capaian Pembelajaran
(CP), sebenarnya CP sudah disediakan pemerintah, kedua tentang Penilaian Tengah
Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) yang diseragamkan. Ketiga,
guru memperlakukan semua peserta didik dengan cara yang sama tanpa
memperhatikan kemampuan awal yang berbeda-beda. Fokus penelitian adalah
Bagaimanakah Implementasi Kurikulum Merdeka pada sekolah di daerah binaan 3
Kecamatan
Gringsing
Kabupaten
Batang.
Tujuan
penelitian
adalah
mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Kurikulum Merdeka. Manfaat
penelitian adalah memberikan pemahaman tentang Implementasi Kurikulum
Merdeka beserta dampaknya.
Metode penelitian yang dipilih adalah Kualitatif. Jenis penelitian
menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian pada SDN Yosorejo
dan SDN Krengseng 02. Subjek penelitian adalah guru kelas I dan IV. Data dalam
penelitian diperoleh melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data
dilakukan dengan uji kredibilitas, uji debendability, uji konfirmability, uji
transferability. Metode analisis data menggunakan analisis sebelum, selama dan
setelah selesai di lapangan. Tahapan penelitian meliputi tahap persiapan,
pelaksanaan dan tahap akhir.
Hasil angket diperkuat wawancara dan dokumentasi digunakan untuk
mengetahui IKM pada indikator perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran
dan asessmen. Hasil analisis angket dalam hal Perencanaan Pembelajaran yang
ditinjau dari CP, 100% guru sudah memiliki CP yang didownload dari peraturan
pemerintah, 100% guru sudah menurunkan CP menjadi TP untuk setiap fase, 100%
guru sudah menyusun ATP berdasarkan TP, 62,5% guru sudah mengembangkan
modul ajar berdasarkan ATP. Dengan demikian 90% guru sudah membuat
perencanaan pembelajaran dengan sangat baik. Pada Proses Pembelajaran 100%
guru sudah menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi, holistik dan integratif,
kontekstual, P5, keterampilan abad-21 dan berbasis teknologi. Pada Asessmen
pembelajaran, 50% guru sudah menyusun asessmen pembelajaran dengan cukup
baik, sedangkan 50% guru sisanya belum mendokumentasikan asessmen lingkup
materi.
Kata Kunci: Analisis, Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:11 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5275 |