HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KURIKULUM MERDEKA KELAS V SDN WONOBODRO 01 KABUPATEN BATANG

HAFISH, ROIHAN ARDWIKA (2024) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KURIKULUM MERDEKA KELAS V SDN WONOBODRO 01 KABUPATEN BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ROIIHAN ARDWIKA HAFISH.pdf] Text
ROIIHAN ARDWIKA HAFISH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ROIHAN
ARDWIKA
HAFISH.
NPM
20120212.
“Hubungan
antara
Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kurikulum Merdeka
Kelas V SDN Wonobodro 01 Kabupaten Batang”. Skripsi. Program Studi Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Qoriati Mushafanah, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Singgih
Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar peserta didik meskipun guru sudah menggunakan media yang sesuai dan
model pembelajaran yang bervariasi. Hal tersebut disebabkan adanya faktor
belajar dalam diri peserta didik yang mempengaruhi hasil belajar yaitu kecerdasan
emosional (EQ). Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat
kecerdasan emosional peserta didik kelas V SDN Wonobodro 01 Kabupaten
Batang?, 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas VA SDN Wonobodro 01
Kabupaten Batang?, 3) Apakah ada hubungan kecerdasan emosional terhadap
hasil belajar peserta didik kelas V SDN Wonobodro 01 Kabupaten Batang?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN
Wonobodro 01 Kabupaten Batang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri
Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang tahun pelajaran 2023/2024.
Sampel yang diambil adalah 20 peserta didik kelas V dengan menggunakan teknik
nonprobability sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui tes, dokumentasi, observasi, dan angket.
Hasil analisis diperoleh nilai sebesar 0,896. Sedangkan nilai
dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,444. Data ini menunjukan bahwa >
atau 0,896 > 0,444. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif
dan signifikan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar muatan pembelajaran
kurikulum merdeka kelas V SD Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado
Kabupaten Batang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan hendaknya
guru memaksimalkan faktor belajar dari dalam peserta didik khususnya
kecerdasan emosional (EQ) dengan menggunakan model pembelajaran yang
sesuai didukung oleh media pembelajaran yang menarik dalam proses belajar
mengajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Oct 2024 08:13
Last Modified: 09 Oct 2024 08:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5268

Actions (login required)

View Item
View Item