UTARI, ULI SRI (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK SDN HARJASARI 01. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ULI SRI UTARI_NPM 20120414.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pengimplementasian Gerakan Literasi Sekolah di SDN Harjasari 01 yang sudah berjalan akan tetapi
belum dapat terlaksana dengan baik, seperti kurangnya minat membaca siswa, bahan bacaan (buku) yang terbatas serta ruang perpustakaan yang terbatas dan kurang layak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja faktor pendukung dalam pelaksanaan Program Literasi Sekolah di SDN Harjasari 01? 2) Apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan Program Literasi Sekolah di SDN Harjasari 01? 3) Bagaimana proses pelaksanaan Program Literasi Sekolah dalam
meningkatkan minat baca di SDN Harjasari 01?
Jenis Penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif dengan pengolahan dan pengambilan data sesuai dengan fakta di lapangan. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SDN Harjasari 01.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN Harjasari 01 telah berjalan dengan baik, diketahui dari hasil wawancara kepala sekolah, siswa, guru kelas dan hasil observasi. Sementara Rapor Sekolah pada aspek Literasi menunjukan skor 60% dengan indikasi sedang.
Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sudah berjalan dengan baik melalui kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran, penyediaan perpustakaan, mading, dan pojok baca. Faktor penghambat pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah adalah kurangnya minat membaca, bahan bacaan yang terbatas, ruang
perpustakaan yang terbatas dan kurang layak. Upaya mengatasi kendala pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dengan menerapkan strategi membaca sebelum pembelajaran, pemberian penghargaan kepada siswa yang aktif dalam
kegiatan literasi, penyediaan fasilitas dan pemberian motivasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan agar sekolah dapat mempertahankan dan mengembangkan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah yang sudah berjalan, meningkatkan sarana dan prasarana penunjang Gerakan Literasi Sekolah serta meningkatkan antusias membaca dan pengadaan
bahan bacaan yang bervariasi di perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:58 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5266 |