PERTIWI, TRI IKA BEKTI (2024) STIMULASI PERKEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA 4 - 5 TAHUN MELALUI BERMUSIK DAN BERNYANYI KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TRI IKA BEKTI PERTIWI 21156031.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peneliti menemukan kurang optimalnya perkembangan kecerdasan
musikal anak dalam kegiatan bermusik dan bernyanyi. Untuk mengoptimalkan permasalahan perkembangan kecerdasan musikal anak, peneliti menggunakan teori Howard Gardner (1983) yang salah satunya adalah tentang kecerdasan musikal dari 9 kecerdasan majemuk. Pada penelitian ini subjek adalah anak
kelompok A usia 4 – 5 tahun yang berjumlah 20 anak terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data menggunakan penilaian rata-rata melalui pengamatan yang menunjukkan
indikator pencapaian keberhasilan anak. Dalam penelitian ini guru mengajar dengan memanfaatkan alat musik disesuaikan dengan perkembangan anak agar mudah dipahami dengan memperhatikan dasar-dasar suara, nada atau bunyi, serta
irama. Rumusah masalah penelitian ini adalah pengembangan kecerdasan musical melalui permainan alat musik dan pengembangan kecerdasan musikal melalui bernyanyi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam
menstimulasi perkembangan kecerdasan musikal anak usia 4 – 5 tahun menunjukkan perkembangan yang baik dengan ditandai terjadinya peningkatan sesuai capaian yang diharapkan dimana dari 20 anak yang semula hanya 5 anak yang berkembang sesuai harapan meningkat menjadi 16 anak yang berkembang sesuai
harapan.
Kata Kunci : Kecerdasan musikal, anak usia dini, alat musik perkusi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:54 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5255 |