IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDK SMA DI KABUPATEN BATANG

BESTARI, TRI ADHI (2024) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDK SMA DI KABUPATEN BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TRI ADHI BESTARI.pdf] Text
TRI ADHI BESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan proses yang berkelanjutan dan tak pernah berakhir, Pendidikan karakter menekankan pada keteladanan, penciptaan lingkungan, dan pembiasaan melalui berbagai tugas keilmuan dan kegiatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen penguatan dan pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Subah
Kabupaten Batang. Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam mengembangkan karakter peserta didik SMA Negeri 1 Subah sangat terkait dengan manajemen sekolah.
Manajemen penguatan dan pengembangan pendidikan karakter peserta didik meliputi: (1) Tahap perencanaan penguatan dan pengembangan pendidikan karakter; (2) Tahap pengorganisasian penguatan dan pengembangan pendidikan karakter; (3) Tahap pelaksanaan penguatan dan pengembangan pendidikan karakter; (4) dan Tahap pengawasan penguatan dan pengembangan pendidikan karakter.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut di analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi melalui beberapa informan yaitu: kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, coordinator fasilitator P5 dan peserta didik kelas X. Sedangkan untuk menguji keabsahan data melalui uji kredibilitas dengan menggunakan pengamatan dan pengelompokan data dari berbagai sumber, transferbilitas, triangulasi ( sumber dan teknik ), kepastian dan diskusi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penguatan dan pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Subah dilaksanakan pada empat kegiatan utama yaitu: kegiatan pembelajaran, kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5), kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan
pembiasaan dengan hasil menyatakan bahwa peserta didik dapat
menjalankan perannya sebagai warga negara yang baik dengan cara tetap berperan aktif dalam penguatan dan pengembangan karakter yang diwujudkan dengan pembiasaan dalam semua aspek kegiatan yang ada di sekolah dan untuk peningkatan kompetensi pada peran guru dan Pembina maka diperlukan pelatihan kompetensi secara berjenjang.
Kata Kunci Implementasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Oct 2024 04:34
Last Modified: 09 Oct 2024 04:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item
View Item