Ulfa, Maria (2023) PENERAPAN METODE FIELD-TRIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 2 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MARIA ULFA NPM 19410033.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Maria Ulfa, NPM 19410033. “Penerapan Metode Field-Trip dalam
Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Peserta Didik Kelas X
SMK Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2023/2024”. Skripsi Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Siti Ulfiyani, S.Pd.,
M.Pd. dan Pembimbing II Latif Anshori Kurniawan, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Penerapan Metode Field-Trip, menulis teks laporan hasil observasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis pada
peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Demak, khususnya keterampilan menulis
teks laporan hasil observasi. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan
penerapan metode tertentu untuk meningkatkan keterampilan menulis teks
lapporan hasil observasi. Metode yang diterapkan adalah metode field-trip.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode
field-trip dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta
didik kelas X SMK Negeri 2 Demak tahun pelajaran 2023/2024? Adapun tujuan
penelitian ini yaitu, mendeskripsikan penerapan metode field-trip dalam
pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X
SMK Negeri 2 Demak tahun pelajaran 2023/2024.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran.
Data penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang sebagaima
peneliti memiliki kriteria khusus untuk mendapatkan data tersebut. Hasil data
penelitian ini terdapat pada kelas X TJKT 3 SMK Negeri 2 Demak dengan jumlah
peserta didik 36.
Hasil penerapan menunjukkan bahwa penerapan metode field-trip dalam
pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi mampu menarik antusias
peseta didik, proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak
meenimbulkan kebosanan. Selain itu, peserta didik mampu berpikir kritis dalam
proses pembelajaran. Data yang diperoleh dalam menulis teks laporan hasil
observasi nilai tertinggi 87,5, nilai terendah 75 dan jumlah keseluruhan 2837, 3
dengan rata-rata 78,82.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai pedoman metode
dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi salah satunya adalah
dengan menggunakan metode field-trip dalam upaya memperbaiki hasil belajar
peserta didik dan memfasilitasi peserta didik dengan mengembangkan Bahasa
Indonesia khususnya menulis teks laporan hasil observasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:11 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/525 |