UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN LARI ESTAFET PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI KEDUNGDOWO KECAMATAN ANDONG BOYOLALI

RUSTIANA, TIKA (2024) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN LARI ESTAFET PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI KEDUNGDOWO KECAMATAN ANDONG BOYOLALI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TIKA RUSTIANA  20156061.pdf] Text
TIKA RUSTIANA 20156061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan anak dalam permaiana lari estafet bola masih menemui masalah. Anak belum dapat mengenal cara permainanya dan belum bisa memainkanya.Dari 10 peserta didik hanya 2
yang langsung bisa memahaminya 8 anak masih diam seperti bingung.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motoric kasar permulaan melalui Bermain Estafet Bola pada anak kelompok A di TK Pertiwi kedungdowo.Tahun Ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah pengunaan media Bermain Estafet Bola untuk meningkatkan kemampuan motoric kasar permulaan pada anak kelompok A di TK pertiwi kedungdowo andong, Boyolali.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu:
perecanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok ATK pertiwi kedungdowo yang terdiri dari 7 anak laki laki dan 3 anak perempuan. Penelitian ini diperoleh dengan Teknik analisis deskriptif yang bersifat kualitatif.
Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motoric kasar permulaan dengan pengunaan media Bermain Estafet Bola, peningkatan tersebut yaitu siklus 1 mecapai 40%, pada siklus 2 mencapai 80% kesimpulan dari penelitian ini dengan bermain Bermain Estafet Bola dapat meningkatkan kemampuan motoric kasar permulaan kelompok A di TK pertiwi kedungdowo.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi guru, hendaknya lebih kreatif da aktif dalam menarik minat anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, bagi sekolah sebaiknya menyediakan prasarana dan sarana yang dibutuhkan dan bagi orang tua hendaknya memahami kebutuhan anak dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:32
Last Modified: 09 Oct 2024 03:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item
View Item