AINI, FAJRIATI NURUL (2024) PENGARUH LKPD TEMATIK BERBASIS STEAM UNTUK MEMBEKALKAN LIFE SKILL BAGI SISWA SD KELAS V SD NEGERI WONOTINGAL SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FAJRIATI NURUL AINI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
FAJRIATI NURUL AINI. NPM 17120338. “Pengaruh LKPD Tematik Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Life Skill Bagi Siswa SD Kelas IV SD Negeri Wonotingal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Dosen Pembimbing I: Dr. Fenny Roshayanti, S.Pd.,M.Pd dan Dosen Pembimbing II:Veryliana Purnamasari, S.PD.,M.Pd. .
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu guna mengetahui pengaruh lembar kegiatan peserta didik tematik berbasis STEAM bermuatan life skills siswa SD. Hal tersebut dilakukan karena kurangnya pengajaran pada siswa saat pembelajaran menggunakan lembar kegiatan peserta didik tematik berbasis STEAM serta berkurangnya life skills pada pada diri siswa SD serta Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah lembar kegiatan pserta didik tematik berbasis STEAM dapat meningkatkan life skills bagi siswa SD?”.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh lembar kegiatan peserta didik tematik berbasis STEAM terhadap life
skills bagi siswa SD.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk pre-eksperimental
design yaitu nonquievelent pretest and posttest control group. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Wonotingal Semarang. Sampel
yang diambil adalah 62 siswa yaitu kelas ekperimen (VB) 31 siswa dan kelas
kontrol (VD) 31 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner
pretest dan posttest.
Hasil penelitian ini dari pengarug lembar kegiatan peserta didik tematik
berbasis STEAM untuk membekalkan life skills siswa SD pada posttest kelas
ekperimen dengan jumlah soswa 31 mendapatkan rata-rata 86.29. sedangkan
berdasarkan uji paired sample t test diketahui sig. (2-tailed) pretest dan posttest
eksperimen sebesae .000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan
sebelum dan sesudah perlakuan terhadap life skills siswa. Sedangkan hasil sig. (2-
tailed) pretest dan posttest kontrol sebesar .940 > 0.05 sehingga dapat
disimpulakn bahwa tidak ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan terhadap
life skills siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya lembar kegiatan peserta didik tematik berbasis STEAM digunakan pada
saat pembelajaran di SD untuk memberikan life skills siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:25 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 03:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5242 |