UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DENGAN METODE MENDONGENG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK A CEMPAKA KIDS SCHOOL KARANGASEM BALI TAHUN AJARAN 2023/2024

Hernawati, I Gusti Putu Wati (2024) UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DENGAN METODE MENDONGENG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK A CEMPAKA KIDS SCHOOL KARANGASEM BALI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi_ I GUSTI PUTU_22156097.pdf] Text
Skripsi_ I GUSTI PUTU_22156097.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembentukan karakter gotong royong pada anak usia dini sebagai dasar pengembangan karakter positif di masa depan, namun dari observasi awal ditemukan bahwa karakter gotong royong
anak belum berkembang dengan optimal. Salah satu metode yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai gotong royong adalah melalui kegiatan mendongeng.
Mendongeng tidak hanya menyampaikan cerita yang mengandung pesan moral, tetapi juga melibatkan anak-anak secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga nilai-nilai karakter gotong royong dapat diterima dan dipahami dengan
baik oleh anak-anak.
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: “Bagaimanakah Penggunaan Metode Mendongeng dalam Upaya Meningkatkan Karakter Gotong Royong pada Anak Kelompok TK A Cempaka Kids Karangasem?”
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak-anak TK A di Cempaka Kids yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus bertujuan untuk meningkatkan
pemahaman dan penerapan karakter gotong royong melalui metode mendongeng yang interaktif dan partisipatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam penerapan karakter gotong royong pada anak-anak setelah penerapan metode mendongeng. Pada siklus pertama, anak-anak mulai menunjukkan pemahaman awal tentang pentingnya gotong royong. Dimana kriteria Berkembang Sangat
Baik mencapai 15,97%. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan yang signifkan mencapai persentase sebesar 81,51%. Data ini menunjukkan bahwa pada akhir siklus anak-anak secara aktif terlibat dalam kegiatan yang menunjukkan nilai-nilai
gotong royong. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode mendongeng terbukti efektif dalam meningkatkan karakter gotong royong pada anak-anak TK A Cempaka Kids.
Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap praktik pendidikan karakter di TK, khususnya dalam upaya pembentukan karakter gotong royong pada anak usia dini. Diharapkan metode mendongeng ini dapat terus dikembangkan dengan kreativitas dan inovasi yang lebih menarik dalam konteks pembelajaran lainnya untuk mendukung pembentukan karakter positif pada anak-anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:28
Last Modified: 07 Oct 2024 07:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5234

Actions (login required)

View Item
View Item