IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK MENINGKATKAN KINERJA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KOTA TEGAL

Noviawati, Erna Nugrahening (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK MENINGKATKAN KINERJA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KOTA TEGAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of t_Erna NN.pdf] Text
t_Erna NN.pdf

Download (913kB)

Abstract

Supervisi pengajaran adalah segala sesuatu yang dilakukan personalia sekolah
untuk memelihara dan mengubah apa yang dilakukan sekolah dengan cara
langsung mempengaruhi proses belajar mengajar dalam usaha meningkatkan
proses mengajar siswa. Perilaku supervisi akademik secara langsung berhubungan
dan berpengaruh terhadap perilaku guru, semakin baik dalam mengelola belajar
mengajar. Selanjutnya perilaku mengajar guru yang baik akan mempengaruhi
perilakupeserta didik. Semakin mengajar dengan baik akan memberikan kegiatan
pembelajaran yang berkualitas, sehingga tujuan menghasilkan lulusan yang
memiliki hasil pembelajaran yang berkualitas.
Fokus penelitian ini adalah kegiatan supervisi akademik kepala sekolah, dengan sub
fokus perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sepervisi akademik serta kinerja
pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan
pelaksanaan supervisi akademik dengan peningkatan kinerja pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitiannya yaitu
kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan peserta didik.Data yang diperoleh
dari informan dan subjek yang diteliti ditafsirkan dan dianalisis dengan analisis data
kualitatif, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Temuan penelitian menunjukan bahwa : (1) Perencanaan supervisi akademik sudah
dilakukan sejak awal penyusunan renstra, RKAS, RKS, dan program kerja kepala
sekolah. (2) Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan sesuai dengan perencanaan
yang sudah dibuat dan dilaksanakan rutin tiap semester. (3) Evaluasi hasil supervisi
akademik dilakukan oleh kepala sekolah setelah menerima laporan dari team
supervisi. Kegiatan evaluasi dan tindak lanjut dilakukan menyesuaikan hasil
supervisi akademik dengan memperhatikan teknik-teknik supervisi. (4) Kinerja
pembelajaran semakin meningkat dengan tercapainya pembeajaran efektif di dalam
kelas. Tujuan menghasilkan kualitas lulusan yang tinggi dapat dilihat dari
peningkatan kualitas lulusan tiap tahunnya.
Berdasaran hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar kegiatan supervisi
akademik di sekolah dapat dilakukan sesuai tahapan-tahapannya sehingga dapat
meningkatkan kinerja pembelajaranya karena adanya peningkatan kualitas sumber
daya manusianya (guru).
Kata kunci : Supervisi akademik, Kinerja Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:14
Last Modified: 07 Oct 2024 07:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item
View Item