ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 NGAWENSARI

RAHMA, TASYA AULIA NUR (2024) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 NGAWENSARI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI TASYA.pdf] Text
SKRIPSI TASYA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya kualitas pembelajaran matematika. Tinggi rendahnya kualitas pembelajaran sangat ditentukan oleh guru, karena guru merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses
pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas I SD Negeri 1 Ngawensari. Jenis penelitian ini masuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SD Negeri 1 Ngawensari Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal. Fokus dalam penelitian ini “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran
Matematika Pada Siswa kelas I SD Negeri 1 Ngawensari” dengan indikator Rumusan masalah dalam konteks penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran matematika pada siswa kelas I SD Negeri 1 Ngawensari?. 2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran matematika pada siswa kelas I SD
Negeri 1 Ngawensari?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran matematika pada siswa kelas I SD Negeri 1 Ngawensari?. 4) Apa faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan pembelajaran matematika pada siswa kelas I SD Negeri 1 Ngawensari?. Teknik pengumpuluan data yang dilakukan yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dari segi perencanaan, guru telah mempersiapkan diri dan bahan ajar untuk menghadapi peserta didik dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan arsip perencanan dan kesesuaiannya dengan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. 2) Proses belajar mengajar mendorong peserta didik berpikir aktif, kreatif dan kritis dalam menerima materi yang disampaikan. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik yang berebut menjawab pertanyaan atau soal yang diberikan serta peserta didik yang tidak enggan bertanya pada guru. 3) Evaluasi yang diadakan setiap dua minggu sekali berjalan dengan baik. 4) Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat pada proses pembelajaran matematika, salah satunya yaitu minat belajar matematika siswa yang tinggi dan rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:10
Last Modified: 07 Oct 2024 03:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5196

Actions (login required)

View Item
View Item