W.S., MONIKA SAHNIA (2024) ANALISIS FILM ANIMASI TITIPO “TEMAN BARU KITA, LOCO” DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MONIKA SAHNIA W.S..pdf
Download (2MB)
Abstract
Monika Sahnia Wulan Setiti . NPM 17120054 . “Analisis Film Animasi
Titipo “Teman Baru Kita, Loco” Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Husni Wakhyudin, S.Pd M.Pd selaku Dosen
Pembimbing I dan Mira Azizah, S.Pd M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Dalam menghadapi tantangan kehidupan diperlukan kekuatan sikap dan
mental yang tangguh. Dampak dari perubahan zaman yang semakin maju
membuat masyarakat melupakan Pendidikan karakter bangsa, padahal Pendidikan
karakter merupakan pondasi dasar yang sangat penting dan harus ditanamkan
sejak dini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana nilai karakter
disiplin dalam tayangan film animasi Titipo “Teman Baru Kita,Loco”? Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter disiplin yang terdapat dalam film
animasi Titipo “Teman Baru Kita,Loco” dan dapat memberikan gambaran
karakter disiplin yang terkandung kepada penonton terutama siswa sekolah dasar.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif ditulis dalam
bentuk narasi untuk mengetahui tentang karakter disiplin yang tergambarkan
dalam film animasi Titipo Si Kereta Kecil melalui adegan, percakapan atau dialog
yang dapat terserap oleh siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini
berasal dari wawancara guru, dokumentasi, dan angket yang ditujukan kepada
siswa.
Data yang diperoleh dari film animasi Titipo Si Kereta Kecil episode 16
“Teman Baru Kita, Loco” berupa kutipan-kutipan kata atau kalimat dalam
percakapan, dialog dan tindakan dalam setiap adegan yang ditunjukkan dalam film
dan dianalisis berdasarkan kriteria nilai karakter yang ditentukan.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah nilai karakter disiplin
dalam tayangan film animasi Titipo “Teman Baru Kita, Loco” Saran dari peneliti
adalah guru diharapkan dapat menjadikan tayangan film animasi Titipo Si Kereta
Kecil dalam kelas sebagai reward atau hiburan yang mengedukasi setelah siswa
melaksanakan pembelajaran.
Kata Kunci: karakter disiplin, animasi, titipo
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:50 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5190 |