ANALISIS MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KAYEN

LIZZA, FIDA SYAROFIYATUL (2024) ANALISIS MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KAYEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI SURYA TEGUH A - 19220042.pdf] Text
SKRIPSI SURYA TEGUH A - 19220042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konteks Penelitian yang mendorong penelitian ini yaitu temuan miskonsepsi yang dilakukan oleh guru pada pembelajaraan PJOK di SD. Pembelajaran PJOK di SD pada umunya banyak sekali mengalami kendala, salah satunya pada model pembelajaran yang diterapkan oleh banyak guru SD yang tidak disiplin.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi tersebut?, 2. Bagaimana pola yang memungkinkan terjadinya miskonsepsi pada guru PJOK?. Tujuan penelitian ini menganalisis faktor-faktor permasalahan mengapa terjadi miskonsepsi pada pembelajaran PJOK dan menganalisis bagaimana pola miskonsepsi dalam pembelajaran PJOK.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru PJOK di Kecamatan Kayen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 38 informan. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian terhadap 38 guru SD Negeri se-kecamatan Kayen menjukan bahwa faktor yang mempengaruhi miskonsepsi pada pembelajaran PJOK berdasarkan hasil analisis data, adalah kegiatan yang dilakukan, konsep mengajar oleh guru, dan kemampuan dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Faktor lain yang menyebabkan miskonsepsi yang dialami siswa muncul dari dalam diri siswa maupun luar diri siswa. Faktor dari luar siswa tersebut meliputi kurangnya pemahaman tentang kurikulum baru, kurangnya penggunaan metode
pembelajaran yang bervariasi dan interaktif, serta kurangnya pemahaman tentang karakteristik siswa dan tahapan perkembangannya.
Berdasarkan penelitian tersebut saran yang dapat dikemukaan adalah penting bagi pemerintah dan lembaga terkait untuk memberikan perhatian khusus dalam meningkatkan kompetensi dan pemahaman guru serta mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang sesuai dengan visi dan tujuannya.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Guru, PJOK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:54
Last Modified: 07 Oct 2024 02:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5188

Actions (login required)

View Item
View Item