AZKIYA, SILMADINA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PENGGARIS KONVERSI KILAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENGUKURAN DAN MENGESTIMASI PANJANG PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi Silmadina Azkiya (20120008) fix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
SILMADINA AZKIYA. NPM 20120008. “Pengembangan Media Penggaris
Konversi Kilan untuk Memfasilitasi Pengukuran dan Mengestimasi Panjang Pada
Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing
I Mira Azizah. S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dr. Bagus Ardi Saputra, S.Pd.,
M.Pd. 2024.
Berdasarkan hasil wawancara serta observasi dengan guru kelas 2 dapat
diketahui bahwa guru hanya menggunakan buku pedoman seperti buku paket dan
LKS sebagai sumber belajar ketika pembelajaran berlangsung. Guru tidak
mempunyai media pembelajaran lain yang berkaitan dengan satuan panjang seperti
dm. Hal ini membuat perhatian siswa hanya berpusat di awal saja sehingga suasana
belajar di dalam kelas tidak optimal. Penyajian materi tersebut menjadikan minat
siswa rendah dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, guru dan siswa
membutuhkan adanya media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menarik salah
satunya dengan mengembangkan media Penggaris Konversi Kilan. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan media Penggaris
Konversi Kilan dapat memfasilitasi mengukur dan mengestimasi panjang? 2)
Bagaimana kelayakan media Penggaris Konversi Kilan dapat memfasilitasi
mengukur dan mengestimasi panjang?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji pengembangan media
Penggaris Konversi Kilan dapat memfasilitasi mengukur dan mengestimasi panjang
serta untuk mengkaji kelayakan media Penggaris Konversi Kilan dapat
memfasilitasi mengukur dan mengestimasi panjang. Jenis penelitian yang
digunakan menggunakan R&D (Research & Development) dan tahapan penelitian
pengembangan menggunakan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri
Pagerharjo 01 Kabupaten Pati.
Hasil penilaian kevalidan media Penggaris Konversi Kilan dinyatakan layak.
Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media sebesar 89% dan validasi materi
sebesar 86%. Diperoleh hasil dari angket siswa dengan kategori “Sesuai”.
Sedangkan hasil Uji one sampel test dinyatakan bahawa rata- rata nilai t hitung
sebesar 13,5> t table 1,745. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil
prestasi siswa sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media.
Sehingga didapatkan hasil, media Penggaris Konversi Kilan untuk memfasilitasi
pengukuran dan mengestimasi panjang pada siswa kelas 2 Sekolah Dasar yang
dikembangkan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media
Penggaris Konversi Kilan dapat digunakan untuk memfasilitasi kemampuan
pengukuran dan mengestimasi panjang pada siswa kelas 2 Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Penelitian dan pengembnagan, Penggaris Konversi Kilan,
Pengukuran dan Mengestimasi Panjang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:47 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5168 |