ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI WUWUR 01 PATI

YANTI, SEMI DWI (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI WUWUR 01 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI SEMI DWI YANTI 20120045-dikompresi.pdf] Text
SKRIPSI SEMI DWI YANTI 20120045-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Semi Dwi Yanti, NPM 20120045. “Analisis Pembelajaran Bahasa Inggris
Kelas IV SD Negeri Wuwur 01 Pati”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan berupa pembelajaran dan
kemampuan siswa dalam belajar bahasa Inggris masih rendah, siswa mengalami
kesulitan dalam proses pembelajaran. Kesulitan belajar siswa disebabkan oleh
rendahnya kemauan siswa dalam belajar bahasa Inggris.
Permasalahan yang telah diuraikan di atas peneliti akan melakukan
penelitian untuk mengetahui bagaimana pembelajaran di SD Negeri Wuwur 01 Pati.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan
mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri
Wuwur 01 Pati.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wuwur 01,
guru bahasa Inggris dan kepala sekolah. Data yang digunakan berupa data primer
dan data sekunder. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan
sumber data sekunder. Data dalam penelitian diperoleh melalui angket siswa,
lembar observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu pembelajaran dirancang dengan
menggunakan modul ajar dengan menggunakan kurikulum merdeka. Model
pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran tatap muka dengan metode
ceramah dan diskusi kelompok kecil. Respon siswa sangat baik dalam proses
belajar. Siswa sangat antusias dalam kegiatan belajar ini. Hanya beberapa siswa
yang tidak menyukai pembelajaran bahasa Inggris.
Berdasarkan
hasil
penelitian
yang
diperoleh
kesimpulan
bahwa
pembelajaran Bahasa Inggris sudah baik, supaya lebih baik maka peneliti
menyampaikan saran bahwa dalam pembelajaran sebaiknya lebih bervariatif dalam
penggunaan metode pembelajaran dan memanfaatkan media pembelajaran dalam
proses kegiatan belajar mengajar.
Kata kunci : Pembelajaran, Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:41
Last Modified: 02 Oct 2024 04:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5166

Actions (login required)

View Item
View Item