HARCINLANI, SEA DUTA ALFA (2024) STRATEGI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS IV DI SD NEGERI KEMIJEN 03. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi Sea Duta Alfa Harcinlani_20120276.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Sea Duta Alfa Harcinlani NPM 20120276 “Strategi Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Kelas IV di SD Negeri Kemijen 03”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2024.
Pembimbing I Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M. Pd. dan Pembimbing II Prasena
Arisyanto, S. Pd., M. Pd.
Konteks penelitian yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah strategi
dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Dalam mewujudkan profil pelajar
Pancasila ini mengacu pada strategi yang dilakukan oleh guru. Penguatan profil
pelajar Pancasila ini dilakukan melalui pembiasaan dan projek yang ada di
sekolahan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi penguatan
profil pelajar Pancasila di kelas IV SD Negeri Kemijen 03? (2) Bagaimana kendala
dan hasil dari penguatan profil pelajar Pancasila pada anak kelas IV SD Negeri
Kemijen 03?.
Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif
deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti guna
mendapatkan data-data penelitian adalah metode observasi, wawancara, angket, dan
dokumentasi. Pada penelitian ini difokuskan pada strategi penguatan profil pelajar
Pancasila kelas IV di SD Negeri Kemijen 03.
Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan angket
bahwa di SD Negeri Kemijen 03 memiliki dua strategi dalam penguatan profil
pelajar Pancasila, yang pertama melalui kegiatan pembisaan yang telah diterapkan
di sekolah dan yang kedua adalah dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Pembiasaan tersebut dapat dilihat dari aktivitas mereka yang ada di sekolahan.
dimulai dari awal masuk lingkungan sekolah sampai keluar lingkungan sekolah.
Sedangkan untuk projek dilakukan dengan beberapa kegiatan yang telah dirancang
guru untuk mewujudkan dimensi yang ada pada profil pelajar Pancasila
Dari penelitian ini, saran yang saya sampaikan untuk sekolah adalah sekolah
mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif serta sarana dan prasarana yang
mendukung, lalu sekolah juga mampu memberikan penjelasan lebih detail mengenai
projek penguatan profil pelajar Pancasila kepada orangtua siswa sehingga tidak ada
kendala yang muncul dimana anak dilarang mengikuti beberapa kegiatan di sekolah
karena cemas, dan hal ini menyebabkan terkendala dalam mewujudkan dimensi
profil pelajar Pancasila pada diri anak melalui projek.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:36 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5164 |