ANALISIS POJOK BACA DALAM PENGEMBANGAN MINAT BACA ANAK PADA MASA TRANSISI (KELAS I) SDN 01 NGAWENSARI

MELINDA, SALWA (2024) ANALISIS POJOK BACA DALAM PENGEMBANGAN MINAT BACA ANAK PADA MASA TRANSISI (KELAS I) SDN 01 NGAWENSARI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI SALWA MELINDA 20120295.pdf] Text
SKRIPSI SALWA MELINDA 20120295.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salwa Melinda. “Analisis Pojok Baca Dalam Pengembangan Minat Baca Anak
Pada Masa Transisi (Kelas I) SDN 01 Ngawensari”, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikann, Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Ikha Listyarini S.Pd., M.Hum dan Dosen
Pembimbing II Mei Fita Asri Untari S.Pd., M. Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
minat membaca dikalangan siswa SD. Minat baca adalah keinginan yang kuat
disertai usaha-usaha seseorang untuk membaca. Dalam hal ini masih banyak
siswa yang kurang berminat membaca dan lebih tertarik dengan aktivitas lain
seperti membaca dan bermain gadget. Masa transisi ini adalah periode krusial
dimana anak-anak mulai mengembangakan kebiasaan belajar yang baik termasuk
membaca. Dengan adanya pojok baca ini dirancang untuk dapat membantu
meningkatkan minat membaca siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pojok
baca dalam pengembangan minat baca siswa di kelas I pada SDN 01 Ngawensari
?. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan pojok baca dalam
pengembangan minat baca siswa di kelas I pada SDN 01 Ngawensari.
Penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif kualitatif. Penelitian inibertujuan menggambarkan peristiwa atau
fenomena dengan data-data yang berbentuk informasi deskripsi dari SDN 01
Ngawensari. Teknik analisis data penelitian kualitatif melalui pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pelaksanaan pojok baca dalam pengembangan minat baca siswa kelas I
SDN 01 Ngawensari merupakan langkah penting dalam menumbuhkan minat
baca anak pada masa transisi. Dengan desain pojok baca yang menarik, pemilihan
buku bacaaan yang sesuai minat dan perkembangan usia anak, kegiatan yang
mendukung literasi seperti kegiatan GLS 15 menit setiap pagi, peran aktif guru
dalam pelaksanaan GLS dan memotivasi siswa, serta evaluasi yang dilakukan
secara rutin dan berkelanjutan, pojok baca dapat menjadi alat yang efektif untuk
pengembangan minat baca dan kemampuan membaca siswa. Melalui pojok baca
ini, diharapkan budaya membaca dapat ditanamkan sejak dini dan terus
berkembang sepanjang perjalanan pendidikan.
Saran
yang
dapat
penulis
sampaikan
adalahguru
perlu
lebih
mengembangkan pojok baca, karena dengan penggunaan pojok baca di kelas
dapat membantu mengembangkan minat baca siswa. Dengan adanya Gerakan
Literasi Sekolah (GLS) juga dapat membantu mensosialisasikan budaya baca di
kalangan siswa.
Kata Kunci: Membaca, Pojok Baca, Minat, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:25
Last Modified: 02 Oct 2024 04:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item
View Item