PENGARUH PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

APRILIAN, RIZKI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI RIZKI.pdf] Text
SKRIPSI RIZKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rizki Aprilian “Pengaruh Penggunaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran
Terhadap Peningkatan Kualitas Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan Universitas PGRI Semarang”, Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang Tahun 2024.
Mutu pendidikan menjadi salah satu hal yang menarik diperbincangkan di
berbagai Negara termasuk Indonesia, hal ini karena kualitas sumber daya manusia
suatu bangsa terus dikaitkan dengan mutu pendidkannya. Kualitas suatu mahasiswa
dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah sarana dan prasarana.
Pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran hendaknya dimaksimalkan oleh
beberapa pihak salah satunya mahasiswa itu sendiri, di program studi PPKn
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran dirasa belum maksimal. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana pengaruh penggunaan sarana dan
ketersediaan prasarana teradap peningkatan kualitas mahasiswa prodi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas PGRI Semarang.
Jenis peneitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
kauntitatif dengan model kausal komperatif, serta angket sebagai metode
pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PPKn angkatan 2020
s/d 2023 berjumlah 107 mahasiswa dengan pengambilan sampel menggunakan
teknik random sampling dan didapat 52 mahasiswa sebagai sampel penelitian.
Pengujian instrumen penelitian dilakukan kepada mahasiswa angkatan 2018 dan
2019. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan dua analisis yaitu analisis
regresi linier sederhana dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penggunaan sarana berpengaruh
terhadap kualitas mahasiswa yang ditunjukan dengan persamaan regresi Y = 10,677
+ 0,396 X1 dengan signifikasi 0,000 dan r-square 0,401. Dapat disimpulkan
penggunaan sarana berpengaruh secara efektiv dan efisien terhadap kualitas
mahasiswa sebesar 40,1%. 2) ketersediaan prasarana berpengaruh terhadap kualitas
mahasiswa ditunjukan dengan persamaan regresi Y = 11,908 + 0,597 X2 dengan
signifikasi 0,000 dan 0,399 dengan kata lain, ketersediaan prasarana seperti ruang
kuliah, Lab. PPKn, Lab. Komputer, Perpustakaan dan fasilitas lainnya berpengaruh
terhadap kualitas mahasiswa sebesar 39,9%. 3) penggunaan sarana dan
ketersediaan prasarana berpengaruh terhadap kualitas mahasiswa dimana dalam
penelitian dihasilkan nilai persamaan regresi Y = 9,680 + 0,223 X1 + 0,333 X2
dengan signifikasi 0,000 nilai konstanta sebesar 9,680 dan Adjusted R Square 0,448
atau 44,8%. 4) Kualitas mahasiswa dalam penelitian ini diukur melalui tiga indicator
yaitu; Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan, dari 52 responden sebesar 48
responden (92%) berada dikategori tinggi, kategori sedang sebanyak 2 responden
(4%) dan kategori rendah sebanyak 2 responden juga (4%).
Kata kunci
: Penggunaan Sarana, Ketersediaan Prasarana, Kualitas Mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:03
Last Modified: 02 Oct 2024 04:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5156

Actions (login required)

View Item
View Item