PENGARUH VIRAL MARKETING, BRAND AWARENESS DAN LOKASI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Barbarian Kerang Mejasem Kabupaten Tegal)

Nabilah, Putri (2024) PENGARUH VIRAL MARKETING, BRAND AWARENESS DAN LOKASI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Barbarian Kerang Mejasem Kabupaten Tegal). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI PUTRI FINAL.pdf] Text
SKRIPSI PUTRI FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Putri Nabilah, Pengaruh Viral Marketing, Brand Awareness dan Lokasi
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Barbarian Kerang
Mejasem Kabupaten Tegal .
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejadian fluktuasi penjualan yang
dialami oleh Barbarian Kerang Tegal dalam tiga tahun terakhir. Pada periode
2021-2022 penjualan Barbarian Kerang Tegal mengalami penurunan sebesar
0,59%. Namun berbeda dengan periode sebelumnya, pada periode 2022-2023
volume penjualan mengalami kenaikan yang signifikan yaitu 20,51%. Kejadian
fluktuasi volume penjualan inilah yang melatarbelakangi penelitian ini dengan
tujuan mengetahui pengaruh viral marketing, brand awareness dan lokasi
terhadap keputusan pembelian Barbarian Kerang Tegal. Populasi pada penelitian
ini adalah konsumen Barbarian Kerang Tegal yang berasal dari berbagai wilayah
di Kabupaten dan Kota Tegal yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti dan
mempunyai sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah kuesioner. Dan alat analisis yang digunakan adalah
analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil uji t (parsial) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
viral marketing (X1) mempunyai nilai t hitung 13,354 > nilai t tabel 1,984 dengan
Tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Brand awareness (X2) mempunyai nilai t hitung
8,918 > nilai t tabel 1,984 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dan untuk
lokasi (X3) mempunyai nilai t hitung -1,763 < nilai t tabel 1,984 dengan tingkat
signifikansi 0,081 > 0,05. Sedangkan hasil uji F (simultan) menunjukan nilai F
hitung 97,096 > F tabel 2,699 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dan nilai
koefisien determinasi sebesar 75,2% menunjukkan bahwa variasi sales volume
dapat dijelaskan oleh viral marketing, brand awareness dan Lokasi. Sedangkan
sisanya 24,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam
penelitian ini. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpukan bahwa
H1 diterima yang artinya secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara viral marketing (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). H2
diterima yang artinya secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
antara brand awareness (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). H3 ditolak yang
artinya secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara lokasi (X3)
terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan untuk H4 diterima yang
menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan
siginfikan antara viral marketing, brand awareness dan lokasi terhadap keputusan
pembelian.
Kata kunci: viral marketing, brand awareness, lokasi, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:26
Last Modified: 02 Oct 2024 03:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5139

Actions (login required)

View Item
View Item