INDRIANY, NOVIANA (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI SENI MOZAIK DI KELOMPOK A TK MIFTAHUL HUDA BRAKAS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI NOVIANA INDRIANY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Noviana Indriany NPM 21156041 “Upaya meningkatkan kemampuan
motorikhalus anak usia 4-5 tahun melalui seni mozaik di kelompok A TK
Miftahul Huda Brakas Dempet Demak”. Skripsi program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang 2023. Dosen Pembimbing l Dr. Muniroh
Munawar, S.Pi,.M.Pd,. Dosen Pembimbing ll Dwi Prasetiyawati D.H,S.P.d,M.Pd.
2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kenyatann di
lapangan banyak anak yang terjadi di TK Miftahul Huda Brakas Dempet Demak
terkait dengan pengetahuan kegiatan motoric galus anak usia 4-5 tahun yakni
masih sulit untuk berkordinasi mata dan Gerakan. Hal ini dapat dilihat dalam
kurangnya semangat anak dalam memilih beragam permainan ataupun kegiatan di
sekolah. Masalah masalah dalam penelitian ini tentang upaya meningkatkan
kemampuan motorik halus anak usia 4- 5 tahun melalui seni mozaik di kelompok
A TK Miftahul Huda kecamatan dempet kabupaten Demak tahun pelajaran
2023/2024.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 16 anak, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian
tindakan kelas melalui Metode Kegiatan Mozaik Untuk Mengembangkan motorik
halus Anak Usia 4-5 Tahun TK Miftahul Huda Desa Brakas Kecamatan Dempet
Kabupaten Demak terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 3
pertemuan dimana setiap pertemuan disediakan lembar observasi yang berisi
penilaian terhadap hasil kriteria yang menunjang aspek Motorik Halus anak.
Lembar observasi tersebut digunakan untuk mengetahui peningkatan aspek
motoric halus anak. Prosentase keberhasilan anak dalam bahasa anak pada kondisi
awal (Pra siklus) dengan nilai BSH sebesar 15%. Hasil ini meningkat
persentasenya pada siklus 1 menjadi 33%. Hasil dari observasi siklus 1
menunjukan sudah ada peningkatan walaupun belum mencapai standar
keberhasilan yang ditentukan. Kemudian penelitian berlanjut pada siklus 2 agar
standar keberhasilan penggunaan metode bermain kegiatan mozaik untuk
mengembangkan Motorik Halus anak bisa tercapai. Hasil observasi pada siklus 2
menunjukan adanya peningkatan signifikan sehingga mampu mencapai standar
keberhasilan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:04 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5131 |