Andzin, Nadya Syifa (2024) PENGEMBANGAN MODUL MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi Nadya_RevisiSidang_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Modul pembelajaran merupakan sumber belajar yang digunakan untuk
membantu dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan modul pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi
lengkung berbasis etnomatematika yang berorientasi pada kemampuan berpikir
kritis siswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE yang terdiri
dari 5 tahap yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan
5) Evaluation. Modul pembelajaran ini diujicobakan pada kelas IX SMP N 1 Mijen
dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kevalidan
media dan materi yang diuji oleh 2 validator mendapatkan persentase sebesar 89%
untuk media dan 93% untuk materi dengan kriteria sangat baik. Pada angket
kepraktisan yang dilakukan pada kelas eksperimen dengan 30 responden
mendapatkan persentase sebesar 84% menunjukkan kriteria sangat baik.
Keefektifan modul dilakukan melalui post-test kemudian dilanjutkan dengan Uji T
dan KBI, KBK pada hasil post-test siswa. Hasil menunjukkan bahwa rerata hasil
belajar kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol, sehingga dapat
disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi
lengkung berbasis etnomatematika yang berorientasi pada kemampuan berpikir
kritis siswa layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Modul; Etnomatematika; Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:33 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5114 |