PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA PAKAPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI REJOSARI 03

SARI, DESY PITA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA PAKAPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI REJOSARI 03. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FIX DESY.pdf] Text
SKRIPSI FIX DESY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

DESY PITA SARI. NPM 20120068. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif
Tipe Snowball Throwing Berbantu Media PAKAPER Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Siswa Kela II SD Negeri Rejosari 03”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2024.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahya hasil
belajar siswa kelas II SD Negeri Rejosari 03 pada pembelajaran matematika
materi perkalian. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran efektif serta
model dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Snowball Throwing berbantu
media PAKAPER dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD
Negeri Rejosari 03?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Snowball Throwing berbantu media PAKAPER dalam meningkatkan
hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Rejosari 03.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan
Pre-Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas II SD Negeri Rejosari 03 berjumlah 25 siswa dengan menggunakan teknik
sampling yaitu Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian rata-rata nilai Pretest sebesar 64 dan rata-rata nilai hasil
posttest 83. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil belajar
pretest dan posttest kemudian dianalisis akhir menggunakan uji-t diketahui N=15
didapatkan nilai hitung sebesar 11,199 dan db= 25 + 25-1 maka diperoleh 49
dengan taraf signifikan 1% didapatkan ttabel sebesar 2,679. Maka nilai thitung >
ttabel (11,199 > 2,679), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada
perbedaan hasil belajar matematika kelas II SD Negeri Rejosari 03 antara sebelum
dan sesudah diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media
PAKAPER. Dapat disimpulkan bahwa Model Pembebelajara Kolaboratif Tipe
Snowball Throwing berbantu Media PAKAPER Berpengaruh DalamMeningkatkan
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Rejosari 03.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
Model Pembelajara Snowball Throwing berbantu Media PAKAPER dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:53
Last Modified: 01 Oct 2024 07:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5074

Actions (login required)

View Item
View Item