KHASANAH, UZLI FATUL (2024) MEMBUAT HERBARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA KELAS IV SD N 2 KRASAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI FIX (2).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
UZLI FATUL KHASANAH. NPM 20120310. “Membuat Herbarium Sebagai
Media Pembelajaran IPAS untuk Mengembangkan Soft skills Siswa Kelas IV SD N
2 Krasak” . Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I Bapak Prof. Dr. A.
Y. Soegeng Ysh., M. Pd., Pembimbing II Bapak Singgih Adhi Prasetyo, S. Sn., M.
Pd.
Materi bagian tubuh tumbuhan di sekolah masih dirasa sulit bagi siswa.
siswa-siswanya belum memahami prosedur pembuatan herbarium dari tumbuhan.
Pembuatan herbarium yang ada di sekolah tersebut perlu dikembangkan agar
pembelajaran berjalan lebih efektif. Untuk mengetahui kemampuan membuat
herbarium untuk mengembangkan soft skills siswa sebagai media pembelajaran
IPAS di SD N 2 Krasak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
IV SD N 2 Krasak yang berjumlah 18 orang.
Hasil penelitian terbagi menjadi 2 kali pertemuan tatap muka di kelas.
dengan menggunkan strategi pembelajaran project based learning sebagai model
pembelajarannya. Pengajar juga tidak banyak berperan aktif di dalam kelas, tetapi
lebih banyak melibatkan melibatkan peserta didik berperan aktif di dalam kelas
dengan berdiskusi kelompok dan presentasi. Metode pembagian kelompok yang
digunakan oleh pengajar adalah metode acak.membuat herbarium sebagai media
pembelajaran IPAS untuk mengembangkan soft skills siswa kelas IV SD N 2 Krasak
melalui 7 indikator yang dinilai memaksimalkan keterampilan berkomunikasi,
berpikir kritis dan memecahkan masalah, kerja sama tim, Belajar sepanjang hayat
dan manajemen informasi, memiliki jiwa kewirausahaan, etika moral dan
profesional serta keterampilan kepemimpinan. Hasil persentase 7 indikator yang
dinilai melalu lembar observasi pada pertemuan I dengan nilai 70,2% dan
pertemuan II mengalami perkembangan dengan nilai 89,7%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 07:50 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 07:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5072 |