UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBACA BUKU CERITA DI TK PRASETYO BUDI DESA PASIR KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK

DURRI, FIKA HULIYATU (2024) UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBACA BUKU CERITA DI TK PRASETYO BUDI DESA PASIR KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FIKA HULIYATU DURRI_NPM. 21156058.pdf] Text
SKRIPSI FIKA HULIYATU DURRI_NPM. 21156058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fika Huliyatu Durri. NPM: 21156058 “Upaya Meningkatkan Komunikasi
Anak Melalui Kegiatan Membaca Buku Cerita Di TK Prasetyo Budi Desa
Pasir Kecamatan Mijen Kabupaten Demak” Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I, Dr. Muniroh Munawar, S.Pi, M. Pd., Dosen
Pembimbing II Dwi Prasetiyawati DH, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya komunikasi
pada anak yang terdapat di TK Prasetyo Budi Desa Pasir Kecamatan Mijen
Kabupaten Demak yang disebabkan kurangnya metode yang dipergunakan dalam
kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatan kemampuan
komunikasi anak melalui kegiatan membaca buku cerita di TK Prasetyo Budi
Desa Pasir Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini
kelompok A sebanyak 16 anak di TK Prasetyo Budi Desa Pasir Kecamatan Mijen
Kabupaten Demak.
Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas di TK Prasetyo Budi Desa
Pasir Kecamatan Mijen Kabupaten Demak dapat diketahui adanya peningkatan
komunikasi anak melalui kegiatan membaca buku cerita. Hal ini diketahui pada
pra siklus terdapat 3 peserta didik dengan nilai 18,75% kategori BSB.
Selanjutnya, pada siklus I meningkat menjadi 9 peserta didik kategori BSB
dengan nilai prosentase 56,25 %. Kemudian, pada pelaksanaan kegiatan di siklus
II kemampuan komunikasi anak sudah menunjukkan peningkatan dan sudah
melewati indikator pencapaian yang telah ditentukan, yakni terdapat 15 peserta
didik kategori BSB (Berkembang Sangat baik) dengan nilai prosentase 93,75 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:34
Last Modified: 01 Oct 2024 07:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5067

Actions (login required)

View Item
View Item